Pendidikan

SMAN 3 Yogyakarta Tumbuhkan Budaya Meneliti Melalui Science Expo

Kegiatan ini bertujuan untuk mempersiapkan para siswa dalam mengikuti Kompetisi Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Indonesia (FIKSI).

SMAN 3 Yogyakarta Tumbuhkan Budaya Meneliti Melalui Science Expo
TRIBUNJOGJA.COM / Noristera Pawetri
Siswa SMAN 3 Yogyakarta saat menampilkan karya penelitian dalam Science Expo 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Noristera Pawestri

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Guna menumbuhkan budaya meneliti serta untuk mendukung pendidikan karakter kepada siswa, SMAN 3 Yogyakarta menyelenggarakan Science Expo pada Rabu (17/8/2018) siang.

Kegiatan rutin yang diselenggarakan oleh sekolah ini juga untuk mempersiapkan para siswa dalam mengikuti Kompetisi Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Indonesia (FIKSI) dan persiapan Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI).

Baca: SMPN 3 dan SMPN 4 Prambanan Masih Kekurangan Siswa Didik

"Nantinya akan kita siapkan untuk lomba di event nasional bidang penelitian. Semua karya yang ditampilkan akan kita kirim ke FIKSI dan OPSI," ujar Didik Purwaka selaku Koordinator Lomba Akademik dan Non Akademik SMAN 3 Yogyakarta pada Tribunjogja.com.

Didik melanjutkan, penelitian yang ada di Science Expo ini terbagi dalam dua kategori, yakni kategori FIKSI dan OPSI.

Untuk kategori FIKSI diikuti sebanyak 30 kelompok yang masing-masing terdiri dari dua siswa setiap kelompoknya.

Sedangkan untuk kategori OPSI terbagi ke dalam tiga bidang, yakni Bidang Sains dan Teknologi yang diikuti oleh 40 kelompok, Bidang Sosial Humaniora terdiri dari 35 kelompok dan Bidang Matematika dan Rekayasa yang diikuti 2 kelompok.

"Setiap kelompok dua siswa, jadi total siswa yang mengikuti Science Expo ini sebanyak 224 siswa kelas XII," lanjut Didik.

Baca: Kenalkan Budaya Jawa, Hari Pertama ke Sekolah, Murid dan Guru SMAN 1 Pajangan Gunakan Pakaian Adat

Ditambahkannya, Science Expo ini merupakan suatu rangkaian program sekolah yang dimulai dengan outdoor study guna menggali ide sebelun melakukan penelitian.

"Penelitian yang ada di Science Expo ini siswa kita siapkan selama satu tahun, dimulai dari outdoor study untuk mencari ide. Jadi ketika siswa mau naik kelas, semuanya sudah menghasilkan karya penelitian untuk ditampilkan di Science Expo," terang dia. (*)

Penulis: Noristera Pawestri
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved