Home »

DIY

» Bantul

Bantul

KPU Bantul Tetap Terima Berkas Pendaftaran Bacaleg Eks Koruptor

KPU Bantul memilih untuk tetap menerima berkas pendaftaran Bacaleg dari Parpol di Bantul meski yang bersangkutan sempat terjerat kasus pidana

KPU Bantul Tetap Terima Berkas Pendaftaran Bacaleg Eks Koruptor
Ist
Ilustrasi

TRIBUNJOGJA.COM, BANTUL - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bantul memilih untuk tetap menerima berkas pendaftaran Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) dari Partai Politik (Parpol) di Bantul meski yang bersangkutan sempat terjerat kasus pidana.

Meski demikian, KPU Bantul tak menjamin berkas tersebut lolos verifikasi.

“Karena tahapan kali ini adalah pendaftaran, kami terima semua berkas bacaleg yang diserahkan kepada kami selama dokumen terpenuhi diantaranya surat pencalonan dari Parpol maupun daftar bakal calon anggota DPRD,” kata Ketua KPU Bantul, Muhammad Johan, Komara, Selasa (17/7/2018).

Baca: Jika Pencalonannya Ditolak KPU, Mantan Napi Koruptor Bisa Gugat ke Bawaslu

Mengenai penelitian berkas bacaleg yang didaftarkan termasuk yang pernah berstatus narapidana, menurut Johan dilakukan di tahap verifikasi setelah tahapan pendaftaran selesai.

Yaitu, pada tanggal 18 Juli lalu disampaikan hasil verifikasinya pada 19-21 Juli.

Perbaikan masih bisa dilakukan, pada 22-31 Juli.

Keputusan apakah bacaleg yang pernah berstatus narapidana lolos verikasi atau tidak, akan berpegang pada peraturan yang tertera dalam Persyaratan Bakal Calon ayat 7 pada bagian huruf H dan G PKPU Nomor 20 Tahun 2018 Tentang Pencalonan Anggota DPRD Provinsi, Kabupaten/Kota.

“Nanti kita cocokkan peraturan yang tertera dalam PKPU, kalau memang tidak sesuai dengan yang diatur dalam PKPU, jelas nama bacaleg (pernah berstatus narapidana) tersebut akan kita coret. Parpol kami persilahkan mengganti dengan bacaleg yang lain,” kata Johan.

Seperti diketahui, di Bantul terdapat beberapa Parpol yang mendaftarkan bacaleg meskipun yang bersangkutan sempat terjerat kasus hukum.

Salah satunya Partai NasDem, yang kabarnya mendaftarkan bacaleg yang salah satunya sempat terjerat dalam kasus korupsi beberapa waktu lalu.

Baca: Angka Kemiskinan Bantul Ditarget Turun 1,3 Persen per Tahun

Halaman
12
Penulis: sus
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help