Rakyat Kenya Marah Gara-gara Anggota Dewan Nonton Piala Dunia Pakai Uang Negara

Warga Kenya melakukan aksi unjuk rasa saat muncul kabar 20 orang anggota parlemen pergi ke Rusia untuk menonton Piala Dunia 2018

Rakyat Kenya Marah Gara-gara Anggota Dewan Nonton Piala Dunia Pakai Uang Negara
Seorang anggota parlemen Kenya, Millicent Omanga menyaksikan laga semifinal Piala Dunia 2018 antara Inggris melawan Kroasia pada Rabu (11/7/2018) 

TRIBUNJOGJA.com - Warga Kenya melakukan aksi unjuk rasa saat muncul kabar 20 orang anggota parlemen pergi ke Rusia untuk menonton Piala Dunia 2018 dengan menggunakan uang negara.

Para politisi itu menyaksikan empat pertandingan termasuk laga final dalam perjalanan dua pekan di Rusia yang diperkirakan menghabiskan biaya ratusan ribu dolar AS.

"Perjalanan dinas" para anggota parlemen ini diketahui rakyat setelah mereka membuat foto selfie di dalam sebuah stadion.

Menteri Olahraga Kenya Rashid Echesa kepada BBC menegaskan, dirinya hanya mengizinkan enam orang anggpta parlemen untuk pergi ke Rusia.

Tujuan keenam orang itu diberangkatkan ke Rusia adalah untuk melakukan studi terkait cara menggelar ajang kelas dunia semacam Piala Dunia.

Namun, sebagian besar warga Kenya menganggap perjalanan itu tak lebih dari sekadar pemborosan, apalagi sebagian besar warga negeri itu hanya berpenghasilan 150 dolar AS per bulan.

Salah satu anggota parlemen yang berangkat ke Rusia adalah Senator Millicent Omanga yang mengunggah foto-fotonya saat berada di Rusia  lewat media sosial.

Namun, Senator Clerk Jeremiah Nyegenye, yang mengetuai komisi pengawas tanggung jawab dan remunerasi anggota parlemen, menegaskan perjalanan ke Rusia ini amat bermanfaat.

"Ini adalah tanggung jawab mereka untuk memahami masalah olahraga, bagaimana cara menggelar sebuah turnamen berskala internasional," ujar Nyegenye seperti dikutip harian The Star.

"Ini bukan sekadar berlibur. Terlalu sederhanya jika melihat perjalanan ini sebagai sebuah acara bersenang-senang," Nyegenye menegaskan.

Halaman
12
Editor: mon
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved