Yogyakarta

Sekda DIY : Aturan Tarif Parkir Jangan Dibuat Saklek

Tarif bisa saja dinaikkan saat memasuki hari-hari tertentu, yang kiranya berpotensi menghadirkan banyak wisatawan.

Sekda DIY : Aturan Tarif Parkir Jangan Dibuat Saklek
TRIBUNJOGJA.COM
Sekda DIY, Gatot Saptadi 

TRIBUNJOGJA.COM - Kasus mahalnya tarif parkir yang dikeluhkan wisatawan pada masa libur lebaran lalu, disinyalir tidak hanya terjadi di kawasan, atau destinasi wisata di Kota Yogyakarta saja, melainkan dijumpai pula di sejumlah kabupaten. 

Kepala Dinas Perhubungan DIY, Sigit Sapto Rahardjo mengatakan bahwa sejauh ini pihaknya sudah menjalin koordinasi dengan pemerintah kabupaten-kota di DIY, untuk membahas polemik tersebut.

Baca: ORI DIY : Dinas Pendidikan Harus Berkontribusi Mencari Solusi Blankspot

Sebab, lonjakan tarif parkir merata di berbagai daerah.

Walau begitu, ia tidak memungkiri, kalau perilaku jukir nakal memang paling marak terjadi di Kota Yogyakata, dengan tingkat 'nuthuk' yang paling tinggi.

Misalnya, untuk satu kendaraan roda empat, bisa dipatok tarif hingga mencapai Rp 30 ribu.

"Saya kemarin sudah koordinasi dengan kabupaten-kota, untuk membahas masalah parkir ini, apakah sudah ada perdanya, atau belum," katanya pada Tribunjogja.com, Kamis (12/7/2018).

Baca: Dishub DIY Godok Kebijakan Penetapan Tarif Batas Atas Parkir

Dalam pertemuan tersebut, Sigit pun menyarankan supaya aturan tarif parkir tidak dibuat saklek.

Dalam artian, tarif bisa saja dinaikkan saat memasuki hari-hari tertentu, yang kiranya berpotensi menghadirkan banyak wisatawan.

"Mungkin, ada aturan yang memperbolehkan (tarif parkir) naik di hari-hari tertenu. Misalnya, saat libur lebaran, naik berapa persen," ucapnya.

"Tapi, harus ada batas tarif atasnya. Itu yang saya katakan kepada kabupaten dan kota, supaya ada tarif batas atas di hari-hari tertentu. Sebab, harga kan jadi mahal (saat lebaran), mungkin mereka ingin pendapatan lebih," pungkas Sigit. (*)

Penulis: aka
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved