Bisnis

Wakil Bupati Sleman: Baru 52 Persen UMKM di Sleman yang Terfasilitasi

Dengan demikian, masih banyak UMKM yang belum terfasilitasi dengan adanya pembiayaan Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Wakil Bupati Sleman: Baru 52 Persen UMKM di Sleman yang Terfasilitasi
TRIBUNJOGJA.COM / Noristera Pawestri
Kanwil Direktorat Jenderal Perbendaharaan Propinsi DIY Gandeng Pemkab Sleman Kenalkan Program Pemberdayaan Usaha Ultra Mikro 

Laporan Reporter Tribun Jogja Noristera Pawestri

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Wakil Bupati Sleman Sri Muslimatun menuturkan, dari seluruh UMKM yang ada di Sleman, yang sudah terfasilitasi baru sekitar 52 persen.

Dengan demikian, masih banyak UMKM yang belum terfasilitasi dengan adanya pembiayaan Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Lebih lanjut ia menjelaskan, di Sleman ada sebanyak 27.139 UMKM, sementara yang menggunakan KUR baru sekitar 11.300 UMKM.

"Karena memang tidak terfasilitasinya itu ya persyaratannya tidak mudah dibandingkan Ultra Mikro," ujarnya pada Kamis (12/7/2018).

Baca: Disperindag Sleman Targetkan Pemasukan Retribusi Pasar 2018 Senilai Rp 6,2 Miliar

Sri Muslimatun menambahkan, Ultra Mikro (UMi) sendiri memiliki kelebihan, yakni dengan adanya pendampingan, sementara KUR itu tidak ada pendampingan.

"Bedanya yang ini (UMi) ada pendampingan. Sehingga masyarakat itu akan kuat di dalam manajemen keuangannya, dia sadar menyicil angsurannya sehingga pada akhirnya ini menjadi murah dan mudah," kata dia.

Ia menyebut Ultra Mikro ini cenderung lebih murah dibandingkan dengan KUR yang secara angka lebih mahal.

"KUR itu dari 2014-2015 sebesar 9 persen, kemudian 2017 sudah menjadi 7 persen pertahun, tapi karena pinjamannya pertahun Rp 25 juta, maka kemudian angka yang sekian itu jauh lebih besar dibanding dengan di bawah Rp 10 juta, meskipun disampaikan itu 0.9 persen setiap bulan," ujarnya.

Menurutnya hal ini akan terasa lebih mudah terutama bagi UMKM, ia mencontohkan semisal di sektor pengolahan itu labanya mencapai 50 persen.

Halaman
12
Penulis: Noristera Pawestri
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help