Kulonprogo

Panwaslu Temukan Ribuan Data Bermasalah dalam DPS di Kulonprogo

Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kulonprogo menemukan ribuan data bermasalah dalam DPS.

Panwaslu Temukan Ribuan Data Bermasalah dalam DPS di Kulonprogo
internet
panwaslu

TRIBUNJOGJA.COM - Daftar Pemilih Sementara (DPS) Kulonprogo untuk Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 dinilai kacau.

Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) setempat menemukan ribuan data bermasalah dalam DPS tersebut.

Setidaknya ada 6.899 data yang terindikasi bermasalah.

Meliputi kesalahan data nama, Nomor Induk Kependudukan (NIK), Nomor Kartu Keluarga (NKK), jenis kelamin, tanggal lahir, alamat, dan status perkawinan.

Baca: Sejak Dibuka 4 Juli Lalu, KPU DIY Belum Terima Berkas Pendaftaran Caleg dari Parpol

Padahal, DPS itu baru ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kulonprogo pada 16 Juni 2018 lalu.

Rincian data bermasalah itu yakni data pemilih ganda 117 orang, NIK/NKK kosong 133 orang, pemilih dengan NKK luar daerah/luar desa 230 orang, pemilih dengan status TNI Aktif 1 orang, pemilih di bawah usia 17 tahun dan belum pernah kawin sebanyak 2 orang, pemilih meninggal dunia 279 orang, dan pemilih pindah domisili terdaftar (76 orang).

Juga, pemilih tidak jelas identitasnya atau fiktif sebanyak dua orang, pemilih memenuhi syarat tapi tidak terdaftar 55 orang, pemilih yang datanya salah atau kurang lengkap sebanyak 6.004 orang.

"Data bermasalah ini kami temukan dari hasil pencermatan by name by address terhadap DPS yang sudah diumumkan," jelas Koordinator Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga, Panwaslu Kulonprogo, Ria Harlinawati pada Tribunjogja.com, Kamis (12/7/2018).

Pengawasan dilakukan sejak proses awal pencocokan dan penelitian hingga kemudian DPS ditetapkan dan diumumkan kepada masyarakat.

Atas hasil pencermatan dan ditemukannya data pemilih bermasalah, Panwaslu akan mengirimkan surat imbauan saran perbaikan kepada KPU Kulonprogo hingga Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) agar bisa ditindaklanjuti. Dengan imbauan berjenjang itu diharapkan data bermasalah yang ada bisa ditindaklanjuti dari tingkat bawah dan dikawal hingga tingkat atas.

Baca: 334.392 Warga Kulonprogo Terdaftar dalam DPS

Tak berhenti di sini, Panwaslu juga akan mengawal Tahapan Pemutakhiran Data Pemilih dan Penyusunan Daftar Pemilih untuk memastikan agar didapat Daftar pemilih tetap (DPT) yang valid, akurat, mutakhir, dan komprehensif.

"Tahapan ini termasuk fokus pengawasan kami karena menjadi penentu pelaksanaan Pemilu," imbuh Ria.

Komisioner KPU Kulonprogo, Tri Mulatsih mengatakan pihaknya sudah mendapatkan laporan temuan itu dari Panwaslu.

Diakuinya ada beberapa data yang perlu divalidasi. Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) berkoordinasi dengan PPK dan diteruskan kepada Panitia Pemungutan Suara (PPS) agar dilakukan perbaikan data.

"Perbaikan sudah dimulai sekarang," jelasnya.(*)

Penulis: ing
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved