Ini Efek yang Muncul Jika Mengonsumsi Sarang Lebah Secara Berlebihan

Honeycomb dibuat oleh lebah dengan menggunakan getah madu. Ia memiliki kadar air yang sangat sedikit, berbeda dengan madu pada umumnya

Ini Efek yang Muncul Jika Mengonsumsi Sarang Lebah Secara Berlebihan
IST
Sarang Lebah 

TRIBUNJOGJA.COM - Honeycomb adalah bagian dari sarang lebah yang berbentuk penampang dengan sel berpola segi enam.

Honeycomb dibuat oleh lebah dengan menggunakan getah madu. Ia memiliki kadar air yang sangat sedikit, berbeda dengan madu pada umumnya, sehingga tampak lebih padat dan memiliki getah yang banyak.

Di saat madu hanya digunakan sebagai bahan pemanis, honeycomb bisa menjadi bahan makanan dengan rasa yang manis, namun cenderung aman untuk kesehatan gigi dan mulut.

Getah madu pada honeycomb juga mengandung vitamin A dan C yang baik bagi kulit.

Bahkan saat ini beredar sebuah tren dimana seseorang merekam sebuah video saat dirinya memakan honeycomb dengan ukuran yang tak biasa.

Meskipun menyehatkan, tentu saja mengkonsumsi sesuatu yang berlebihan akan menimbulkan efek buruk ke depannya.

Dirangkum Tribunjogja.com dari lama Hello Sehat, ini yang terjadi jika seseorang mengkonsumsi honeycomb secara rutin selama dua bulan:

Honeycomb dan getah madu yang cenderung sulit dicerna dan dapat memicu gangguan pencernaan jika dikonsumsi terlalu banyak dan terlalu sering.

Terdapat satu kasus obstruksi lambung pada tahun 2009 akibat konsumsi honeycomb secara rutin selama dua bulan.

Akibatnya, getah madu dan honeycomb dapat terakumulasi pada lambung menyembabkan obstruksi dan penyumbatan saluran pencernaan menuju usus, sehingga memerlukan tindakan pembedahan untuk mengatasinya.

Sifat bahan penyusun honeycomb yang memiliki getah dan sangat sedikit mengandung air akan menyulitkan sistem pencernaan untuk melakukan pemecahan.

Oleh karena itu, batasi porsi konsumsi honeycomb sekitar 100 gram dalam sekali makan, karena sudah dapat memenuhi seperlima kebutuhan kalori harian (391 kalori).

Pastikan tidak mengonsumsi setiap hari, atau dengan batas tiga kali per minggu.

(Tribun Jogja/Hanin Fitria)

Penulis: Hanin Fitria
Editor: mon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help