Kota Jogja

Bayar Retribusi Pedagang di 5 Pasar di Kota Jogja Ini Kini Tak Perlu Uang Tunai

Terobosan ini dilakukan untuk mengimbangi perubahan pola perdagangan yang serba canggih di era kini.

Bayar Retribusi Pedagang di 5 Pasar di Kota Jogja Ini Kini Tak Perlu Uang Tunai
TRIBUNJOGJA.COM / Hasan Sakri
Wakil Wali Kota Yogyakarta, Heroe Poerwadi saat acara peluncuran QR Code yang dilaksanakan di Pasar Gedongkuning Kota Yogyakarta, Rabu (11/7/2018). 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Kurniatul Hidayah

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Pemerintah Kota Yogyakarta meluncurkan Quick Response (QR) Code untuk pembayaran retribusi di lima pasar tradisional yang ada di Kota Yogyakarta, Rabu (11/7/2018).

Wakil Wali Kota Yogyakarta, Heroe Poerwadi yang hadir langsung acara peluncuran QR Code yang dilaksanakan di Pasar Gedongkuning Kota Yogyakarta.

Pada kesempatan tersebut, Heroe menjelaskan bahwa terobosan tersebut dilakukan untuk mengimbangi perubahan pola perdagangan yang serba canggih di era kini.

Baca: Kini Pelayanan di Kankemenag Kota Yogyakarta Lebih Cepat dengan Aplikasi PTSP Berbasis Website

Satu di antaranya yang diterapkan tersebut adalah dengan menarik retribusi menggunakan barcode yang dimiliki oleh masing-masing pedagang pasar tradisional.

"Pedagang akan bisa memanfaatkan kemudahan di dalam pembayarannya dan itu bisa dipertanggung jawabkan, terekam, serta transparan," bebernya.

Ia juga menambahkan, perubahan mekanisme di pasar ini juga sebagai bentuk pengenalan pada pedagang bahwa proses jual-beli yang ada saat ini sudah berbeda dengan dulu.

"Ini dilakukan sebagai upaya memudahkan pergerakan dan pemanfaatan IT untuk bisa masuk k pasar tradisional. Pedagang diharapkan menyesuaikan dan sadar akan teknologi baru. Ini tidak akan mengubah rezekinya," ucapnya.

Heroe mengatakan, cara berdagang pun nantinya juga berubah.

Baca: Disdik Kota Yogya akan Lakukan Re-Grouping Sekolah

Saat ini sudah banyak masyarakat yang mobilisasi tanpa membawa uang tunai.

Halaman
12
Penulis: kur
Editor: Hanin Fitria
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help