Yogyakarta

Rayakan Hari Pajak Pertama, Kanwil DJP DIY Gelar Kegiatan Sosial

Peringatan ini menyusul terbitnya Keputusan Direkrut Jenderal Pajak No KEP-313/PJ/2017 pada 22 Desember 2017 lalu, tentang penetapan hari pajak.

Rayakan Hari Pajak Pertama, Kanwil DJP DIY Gelar Kegiatan Sosial
TRIBUNJOGJA.COM / Yosef Leon
Petugas memeriksa pegawai DJP DIY yang ikut menyumbangkan darahnya, di Aula Lantai 7, Gedung Kanwil DJP DIY, Rabu (11/7/2018). Memperingati hari pajak pertama yang jatuh pada 14 Juli, Kanwil DJP DIY menyiapkan berbagai acara sosial, salah satunya donor darah. 

Laporan Calon Reporter Tribun Jogja, Yosef Leon Pinsker

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menggelar serangkaian acara untuk memperingati jatuhnya hari pajak pada 14 Juli mendatang yang diawali dengan aksi donor darah pada Rabu (11/7/2018) di Aula lantai 7, Gedung Kanwil DJP DIY.

Peserta donor darah kali ini, terdiri dari para wajib pajak, para pegawai DJP DIY, serta intansi lain yang terkait.

Nantinya hasil dari donor darah, akan langsung diberikan ke PMI DIY untuk didistribusikan ke tempat-tempat yang membutuhkan.

Baca: Pajak UMKM Diturunkan, Ini Tanggapan dan Harapan Promotor Musik di Daerah

Peringatan ini menyusul terbitnya Keputusan Direkrut Jenderal Pajak No KEP-313/PJ/2017 pada 22 Desember 2017 lalu, tentang penetapan hari pajak.

Dengan demikian, pada tahun ini merupakan peringatan hari pajak yang pertama di Indonesia.

Penetapan itu dikarenakan terdapatnya kata pajak, dalam sidang-sidang rapat Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) tepatnya pada sidang Rancangan UUD Kedua yang disampaikan pada 14 Juli 1945 di Bab VII Hal Keuangan, Pasal 23.

Kepala Kanwil DJP DIY, Dionysius Lucas Hendrawan mengatakan, momentum penetapan hari pajak ini dianggapnya sebagai sebuah motivasi untuk meningkatkan pelayanan bagi masyarakat DIY.

"Selama ini kita kan belum pernah merayakan hari pajak secara nasional maupun daerah, padahal pajak sangat dibutuhkan untuk tugas pembangunan. Nah dengan adanya penetapan ini, kita pun jadi semakin termotivasi lebih tinggi lagi," imbuhnya.

Kegiatan donor darah ini pun menurutnya merupakan suatu bentuk sosial kepada masyarakat karena mengangkat tema 'Darah untuk Kehidupan, Pajak untuk Masa Depan'.

Baca: Pemkab Magelang Luncurkan Program Konfirmasi Status Wajib Pajak (KSWP)

"Lewat rangkaian acara yang nanti digelar, kita berharap agar kita bersama-sama membangun negara lewat pajak, karena hal tersebut merupakan masa depan DIY pada khususnya dan Indonesia pada umumnya," paparnya.

Sementara itu, Kepala Seksi Bimbingan Penyuluhan Kanwil DJP DIY, Moh Fuad menambahkan, dalam rangkaian peringatan hari pajak, pihaknya telah menyiapkan beragam acara yang lebih bersifat sosial.

Seperti donor darah, bakti sosial di panti asuhan, perayaan melukis bertema pajak, dan diakhiri dengan perayaan puncak yakni upacara peringatan bersama dengan Kantor Pelayanan Pajak (KPP) yang berada di bawah naungan Kanwil DJP DIY.

"Kita pilih aksi sosial dalam perayaan hari pajak ini dikarenakan sesuai dengan fungsi pajak itu sendiri yaitu membantu orang lain," ungkapnya. (*)

Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved