Home »

DIY

» Sleman

PHRI Sleman

PHRI Sleman Minta Concierge Tingkatkan Kemampuan Layani Wisatawan

PHRI Sleman Minta Concierge Tingkatkan Kemampuan Layani Wisatawan yang Berlibur ke wilayah DIY.

PHRI Sleman Minta Concierge Tingkatkan Kemampuan Layani Wisatawan
Tribun Jogja/ Wahyu Setiawan Nugroho
Ketua Jogja Concierge, Wahyu Gunawan (kanan) saat berfoto bersama Ketua PHRI Kabupaten Sleman, Joko Paromo (tengah) dan Ketua Panitia dalam Halal Bihalal di Sindu Kusuma Edupark, Senin (9/7/2018) malam. 

Laporan Reporter Tribun Jogja Wahyu Setiawan Nugroho

TRIBUNJOGJA.COM - Ketua PHRI Sleman, Joko Paromo memgapresiasi peran jasa concierge yang ada di setiap hotel maupun restoran yang ada di Sleman maupun DIY.

Menurutnya peran concierge dalam pariwisata di Yogyakarta sangatlah vital. Oleh karenanya pihaknya mengharapkan kepada para pelaku profesi concierge untuk meningkatkan kemampuannya dalam melayani tamu.

"Concierge itu perannya cukup vital dalam memberikan edukasi pariwisata kepada wisatawan oleh karenanya seorang concierge harus memiliki wawasan luas terutama tentang pariwisata, harus selalu up date informasi," kata Joko Paromo saat ditanya Tribunjogja.com, Rabu (11/7/2018).

Selain itu, soal komunikasi juga menjadi catatan penting bagi profesi seorang concierge.

Baca: Kompas Gramedia - APP Sinarmas Wakafkan 100 Alquran ke Pondok Al-Munawwir Krapyak

"Terutama masalah komunikasi harus bisa menyampaikan informasi yang baik dan dapat diterima oleh client, selain itu seorang concierge juga harus bisa menjual (closing) jasa wisata yang ada di DIY sehingga semua wisata di DIY bisa terdampak secara kunjungan dan ekonominya," tambahnya.

Menurutnya hal itu menjadi penting lantaran banyak wisatawan yang mencari informasi dengan bertanya langsung dengan para pelaku profesi ini.

Concierge sendiri biasanya merupakan seorang Bell boy/man yang juga kadang merangkap menjadi driver bagi para tamu hotel maupun wisata sehingga diharapkan dengan meningkatnya kemampuan concierge akan membantu peran pemerintah dalam pelayanan wisatawan dan meningkatkan jumlah kunjungan.

"Ketika concierge mampu melayani tamu dengan baik, bukan tak mungkin lagi bagi wisatawan tersebut akan kembali lagi berwisata ke Yogykarta," pungkasnya. (tribunjogja)

Penulis: Wahyu Setiawan Nugroho
Editor: has
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help