Yogyakarta

KONI DIY Bakal Dampingi 2 Kabupaten Ini

Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) DIY akan melakukan pendampingan terhadap dua KONI kabupaten.

KONI DIY Bakal Dampingi 2 Kabupaten Ini
internet
KONI DIY 

TRIBUNJOGJA.COM - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) DIY akan melakukan pendampingan terhadap dua KONI kabupaten.

Pendampingan tersebut, dilakukan lantaran prestasi olahraganya dinilai merosot.

Ketua Umum KONI DIY, Djoko Pekik Irianto mengatakan dua KONI Kabupaten yang dimaksud adalah Kulonprogo dan Gunungkidul.

Dibandingkan kabupaten/kota lainnya, perolehan medali kedua kabupaten ini relatif rendah.

Baca: KONI Kota Yogya Bidik Juara Umum Porda DIY

"Namun selama ini dari even-even Porda memang kontingen Gunungkidul dan Kulonprogo berada di peringkat 1 dan 2 dari bawah dalam pengumpulan medali. Artinya medali yang didapat lebih sedikit dibanding KONI daerah lainnya," katanya pada Tribunjogja.com saat acara serah terima jabatan ketua umum KONI DIY, Rabu (11/7/2018).

Menurutnya pemerataan prestasi olahraga di setiap kabupaten/kota masuk dalam program dalam masa bakti 2017-2021.

Meski berat, namun Djoko Pekik menyebut sejumlah langkah terus dilakukan.

Seperti penyelanggaraan Puslatda yang sudah digelar sejak akhir 2017 lalu.

"Seperti Kulonprogo misalnya dari 23 medali Porda naik jadi 32 medali, lalu Gunungkidul itu 23 medali. Keduanya akan dikawal bersama sehingga prestasi olahraga di DIY bisa merata," paparnya.

Djoko Pekik mengungkapkan pihaknya juga berencana menggandeng pihak ketiga untuk menjadi 'bapak angkat' dalam membina atlet.

Baca: KONI DIY Gelar Latihan Bersama Puslatda

Diharapkan hal tersebut bisa ikut membantu KONI DIY di tengah minimnya dana yang dimiliki induk cabang olahraga (cabor) di DIY tersebut.

"Tugas utama kami adalah mengurus dan membina atlet, bukannya mengurus pengurus sendiri. Ke depan kami punya tugas berat, apalagi PON selanjutnya pada 2020 nanti di Papua, cukup jauh untuk ke sana," ungkap dia.

Sertijab ditandai dengan penandatangan berkas sertijab dan penyerahan dokumentasi dari Plt Ketua Umum KONI DIY Triyandi Mulkan ke Ketua Umum KONI DIY terpilih Djoko Pekik Irianto.

Sebelum penandatanganan dan penyerahan dokumen dilakukan, Sekretaris Umum KONI DIY Agung Nugroho terlebih dahulu membacakan SK KONI Pusat Nomor 62 Tahun 2018 tentang Penetapan Saudara Prof Dr Djoko Pekik Irianto M Kes, AIFO sebagai Ketua Umum KONI DIY Masa Bakti 2017-2021 yang ditandatangani Ketum KONI Pusat Mayjen TNI (Purn) Tono Suratman. (*)

Penulis: ang
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved