Kota Jogja

Ibadah Haji 2018 - Permudah Pendaftaran Calon Jemaah Haji, Kankemenag Kota Yogyakarta Launching PTSP

PTSP Kantor Kemenag Kota Yogyakarta adalah PTSP terakhir yang berhasil dibangun Kantor Kemenag Kabupaten Kota se-DIY.

Ibadah Haji 2018 - Permudah Pendaftaran Calon Jemaah Haji, Kankemenag Kota Yogyakarta Launching PTSP
TRIBUNJOGJA.COM / Noristera Pawestri
Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Kota Yogyakarta melaunching Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) pada Rabu (11/7/2018). 

Laporan Reporter Tribun Jogja Noristera Pawestri

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Kota Yogyakarta meluncurkan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) pada Rabu (11/7/2018).

PTSP Kantor Kemenag Kota Yogyakarta adalah PTSP terakhir yang berhasil dibangun  Kantor Kemenag Kabupaten Kota se-DIY.

Kepala Kantor Kemenag Kota Yogyakarta, Sigit Warsita menyampaikan, sebagai PTSP terakhir yang diluncurkan, tentu pihaknya ingin memberikan tambahan inovasi pelayanan dari PTSP yang telah ada.

"Diantaranya adalah penggabungan pelayanan pendaftaaran haji regular ke daIam PTSP," ujar Sigit.

Baca: Cara Cek Daftar Tunggu Berangkat Ibadah Haji via Haji.kemenag.go.id

Jika sebelumnya untuk mendapatkan nomor porsi haji, calon jamaah haji harus melakukan di BPS-BPIH dan di seksi PHU, Kemenag Kota Yogyakarta berkomitmen untuk memperpendek dan mempermudah prosedur.

Untuk mendapatkan nomor porsi haji hanya cukup datang sekali di PTSP Kemenag Kota Yogyakarta, karena proses membuka rekening tabungan haji dan sekaligus membayar BPIH dapat dilakukan sekaligus di PTSP.

"Kalau selama ini datang ke bank setoran baru ke Kantor Kemenag, maka saat ini masyarakat yang mau daftar haji cukup datang ke Kantor Kemenag, insya allah semuanya selesai di PTSP dengan prinsip cash less dan optimilasisi penggunaaan IT," lanjut dia.

Hal ini dapat terlaksana karena petugas BPS-BPIH telah diboyong ke PTSP, serta pihak BPS menerapkan prinsip Cash Less dan optimalisasi penggunaan IT.

"Dan segera setelah selesai urusan dengan BPS, calon jamaah haji langsung  di Siskohat,sampai mendapatkan nomor porsi berangkat haji," terang dia.(TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Noristera Pawestri
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved