Yogyakarta

FERAYI Usulkan Sri Paduka Paku Alam VIII Ditetapkan Sebagai Pahlawan Nasional

FERAYI mengusulkan agar Mantan Wakil Gubernur DIY, Sri Paduka Paku Alam VIII dapat ditetapkan sebagai pahlawan nasional.

FERAYI Usulkan Sri Paduka Paku Alam VIII Ditetapkan Sebagai Pahlawan Nasional
IST
Ketua Umum Forum Edukasi Rakyat Yogyakarta Istimewa, Deddy Suwadi saat ditemui di kompleks kepatihan, Rabu (11/7/2018) 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Forum Edukasi Rakyat Yogyakarta Istimewa (FERAYI) mengusulkan agar Mantan Wakil Gubernur DIY, Sri Paduka Paku Alam VIII dapat ditetapkan sebagai pahlawan nasional.

Bukan tanpa alasan, FERAYI menganggap bahwa Paku Alam VIII memiliki peranan penting terhadap bergabungnya DIY kepada RI setelah merdeka.

Namun, meski memiliki peran yang penting, justru sang mantan Wakil Gubernur tersebut hingga kini belum dianugrahai gelar Pahlawan Nasional, beda halnya dengan Sri Sultan Hamengku Buwono IX yang sudah diangkat sebagai pahlawan nasional.

"Berdasarkan hasil kajian dan forum duskusi yang dulakukan FERAYI, ada yang belum seimbang kaitanya dengan dwitunggal, dimana Hamengku Buwono IX sudah ditetapkan sebagai pahlawan nasional, namun Paku Alam VIII belum," kata Ketua Umum Forum Edukasi Rakyat Yogyakarta Istimewa, Deddy Suwadi (11/7/2018).

Baca: Kisah Dr Richard Harris, Sang Pahlawan Sejati Evakuasi di Gua Thailand

Selain sebagai seorang raja, ditambahkan Deddy, Paku Alam VIII juga memiliki kinerja yang baik saat mengemban tugas sebagai Wakil Gubernur.

"Selama ini Paku Alam VIII selaku pengayom kebudayaan di Yogyakarta, selain itu beliau juga sangat toleran dan mampu memimpin Yogyakarta yang merupakan Indonesia kecil," imbuh Deddy.

Baca: Prof Sardjito Kembali Diusulkan Jadi Pahlawan Nasional

Oleh karenanya, pada tanggal 11 Agustus nanti di acara Gelar Budaya Nusantara FERAYI dan kalangan lapisan masyarakat akan melakukan deklarasi dukungan penetapan Paku Alam VIII sebagai paglawan nasional.

"Kami akan melakukan berbagai upaya agar usulan ini nantinya dapat segera ditetapkan," tegas Ketua FERAYI.(TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Rizki Halim
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved