Yogyakarta

Ferayi Usulkan Paku Alam VIII Sebagai Pahlawan Nasional

Ferayi mengapungkan niat untuk mengusulkan KGPAA Paku Alam VIII sebagai pahlawan nasional.

Ferayi Usulkan Paku Alam VIII Sebagai Pahlawan Nasional
Flickr
KGPAA Paku Alam VIII 

TRIBUNJOGJA.COM - Dinilai memiliki peran penting dalam perjalanan sejarah bangsa Indonesia, Forum Edukasi Rakyat Yogyakarta Istimewa (Ferayi) mengapungkan niat untuk mengusulkan KGPAA Paku Alam VIII sebagai pahlawan nasional. 

Ketua Umum Ferayi, Deddy Suwadi mengatakan bahwa dorongan untuk memasukkan nama Paku Alam X menjadi pahlawan nasional, akan dideklarasikan dalam agenda Gelar Budaya Nusantara, pada 11 Agustus mendatang di Sabdodadi, Bantul. 

Baca: Tanam Pohon Pule, Suharsono Resmikan Gedung Kebudayaan Bantul

"Niat ini didasari oleh adanya ketidakseimbangan antara dwi tunggal Sri Sultan Hamengku Buwono IX yang sudah menjadi pahlawan nasional, sementara Paku Alam VIII belum," katanya pada Tribunjogja.com di Komplek Kepatihan, Yogyakarta, Rabu (11/7/2018).

Deddy menuturkan, pihaknya sudah memaparkan rencana itu kepada Wakil Gubernur DIY, Paku Alam X.

Baca: KONI DIY Bakal Dampingi 2 Kabupaten Ini

Menurutnya, peran Paku Alam VIII jelas tidak bisa dikesampingkan dalam sejarah bangsa, khususnya pada masa pasca kemerdekaan.

"Bersama Sri Sultan Hamengku Buwono IX, Paku Alam VIII langsung menyatakan bergabung dengan republik yang baru lahir. Beliau punya andil tersendiri dalam perjalanan bangsa Indonesia," tuturnya. (*)

Penulis: aka
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved