Dunia Rayakan Keberhasilan Evakuasi Remaja Pemain Sepak Bola Thailand yang Terjebak di Goa

Kami ingin mengundang tim Wild Boars Football Club dan penyelamat mereka ke Old Trafford musim depan.

Dunia Rayakan Keberhasilan Evakuasi Remaja Pemain Sepak Bola Thailand yang Terjebak di Goa
AFP/LILLIAN SUWANRUMPHA
Polisi dan militer Thailand menggunakan payung untuk menutupi helikopter yang membawa salah seorang remaja yang berhasil dikeluarkan dari goa. 12 remaja dan seorang pelatih anggota tim sepak bola Mu Pa (Wild Boar) terjebak di Goa Tham Luang sejak 23 Juni. 

TRIBUNJOGJA.COM - Awalnya, banyak yang mengira penyelamatan 12 remaja dan pelatih sepak bola mereka dari goa merupakan "mission impossible".

Semua itu terpatahkan oleh sikap pantang menyerah dan kerja sama dari berbagai pihak untuk bersatu mengeluarkan mereka.

Terperangkap di Goa Tham Luang sejak 23 Juni 2018, kini penduduk Thailand merayakan keberhasilan misi penyelamatan.

Kisah mereka menuai perhatian dari banyak figur terkenal dunia, mulai dari Bos FIFA Gianni Infantino hingga Presiden Amerika Serikat Donald Trump.

Berikut ini sejumlah pernyataan dari berbagai tokoh dunia menanggapi misi penyelamatan tim sepak bola remaja Wild Boars dan pelatih mereka:

Presiden AS Donald Trump

Presiden AS Donald Trump menjadi bagian dari barisan pertama yang menyampaikan ucapan selamat kepada Angkatan Laut Thailand, yang merupakan ujung tombak upaya penyelamatan di kompleks goa Tham Luang, Thailand utara.

"Atas nama Amerika Serikat, selamat kepada Angkatan Laut Thailand dan semua terkait keberhasilan penyelamatan 12 anak laki-laki dan pelatih mereka dari goa berbahaya di Thailand," kicaunya di Twitter, Selasa (10/7/2018).

"Momen yang indah. Semua keluar, kerja yang bagus," imbuhnya. PM Inggris Perdana Menteri Inggris Theresa May turut merayakan misi tersebut, mengingat dua penyelam asal Inggris yang menemukan keberadaan mereka di dalam goa pada Senin (2/7/2018) malam.

"Bahagia melihat keberhasilan penyelamatan mereka yang terperangkap di goa di Thailand," kicaunya.

Halaman
123
Editor: ribut raharjo
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help