Kulonprogo

Tingkatkan Hasil Tangkapan Ikan, Nelayan Kulonprogo Dapat Bantuan Alat Tangkap

Nelayan dari 4 KUB di Kulonprogo mendapatkan sokongan sarana dan prasarana alat tangkap baru dari Dinas Kelautan dan Perikanan setempat.

Tingkatkan Hasil Tangkapan Ikan, Nelayan Kulonprogo Dapat Bantuan Alat Tangkap
ist
Logo Pemkab Kulonprogo 

TRIBUNJOGJA.COM - Nelayan dari empat kelompok usaha bersama (KUB) di Kulonprogo mendapatkan sokongan sarana dan prasarana alat tangkap baru dari Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) setempat.

Bantuan itu diharapkan bisa meningkatkan hasil tangkapan ikan para nelayan.

Keempat KUB yang mendapat bantuan sarpras tersebut yakni dari Temon KUB Ngudi Mulyo dan KUB Dadi Mulyo, KUB Manunggal Bahari Karangwuni Wates, serta KUB Ngudi rejeki Bugel Panjatan.

Sarana prasarana alat tangkap yang diberikan antara lain mesin perahu motor tempel, jaring serang berbagai ukuran, hingga baju lampung.

Baca: Debu Proyek Bandara NYIA Kulonprogo Terpa Pemukiman Warga

Kepala DKP Kulonprogo, Sudarna mengatakan bahwa bantuan itu bisa digunakan untuk intensifikasi dan ekstensifikasi kegiatan tangkap ikan dari para nelayan itu.

Dengan harapan, jumlah kapal bertambah dan hasil tangkapannya semakin melimpah.

"Kami minta nelayan mengoptimalkan bantuan ini dan meningkatkan aktivitas melaut sehingga hasil tangkapan bertambah," jelas Sudarna, Selasa (10/7/2018).

Saat ini, jumlah kapal motor tempel yang dimiliki nelayan Kulonprogo sebanyak 120 unit dan tersebar di berbagai titik tempat pelelangan ikan (TPI) wilayah Trisik, Bugel, Karangwuni, dan Jangkaran.

Adanya bantuan ini menambah jumlah kapal motor tempel menjadi 124 unit yang aktif menangkap ikan.

Sudarna mengatakan, setiap hari paling tidak 30 persen kapal tersebut melaut ketika kondisi cuaca dan perairan memungkinkan mengingat kondisi gelombang laut selatan terbilang tak bisa ditebak.

Halaman
12
Penulis: ing
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved