Pilpres 2019

Gerindra Sebut Jokowi Galau, Masih Menunggu Siapa Cawapres Dampingi Prabowo

Menurut Andre, saat ini pihaknya masih membahas figur cawapres pendamping Prabowo dengan partai mitra koalisi, seperti PKS.

Gerindra Sebut Jokowi Galau, Masih Menunggu Siapa Cawapres Dampingi Prabowo
via Kompas.com
Presiden Joko Widodo (kiri) didampingi Gubernur NTB, TGB Zainul Majdi (kanan) berziarah di makam Pahlawan Nasional Maulana Syekh TGKH Muhammad Zainuddin Abdul Majid di Ponpes NW Pancor, Lombok Timur, NTB, Kamis (23/11). Selain berziarah, Presiden Joko Widodo juga dijadwalkan akan membuka Munas Alim Ulama NU dan Konbes PBNU di Islamic Center NTB yang dihadiri oleh 1000 ulama se-Indonesia. ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi/pras/17 

TRIBUNJOGJA.COM - Anggota Badan Komunikasi DPP Partai Gerindra, Andre Rosiade, meyakini pengumuman calon wakil presiden Joko Widodo menunggu kepastian dari kubu Prabowo Subianto selaku lawan tandingnya.

“Pak Jokowi yang katanya menurut hasil surveinya sudah tinggi, katanya solid, sudah yakin menang, galau, masih menunggu siapa sih cawapres dari Prabowo,” ujar Andre saat dihubungi Kompas.com, Selasa (10/7/2018).

Menurutnya, Jokowi yang mengatakan sudah mengantongi nama-nama cawapresnya bisa segera mengumumkannya. Namun, yang terjadi adalah nama-nama tersebut belum diungkapkan.

Bahkan, Jokowi mengatakan menunggu waktu yang tepat untuk mengumumkannya. Andre memandang, nama-nama yang diakui Jokowi sudah dikantonginya tersebut bukan sesuatu yang pasti.

“Jadi belum fix juga cawapres Jokowi, cawapres mereka (Jokowi) ditentukan berdasarkan cawapresnya Prabowo,” kata dia.

Dia menyambut positif apabila kubu Jokowi mengumumkannya terlebih dulu sebab pihaknya memang belum memutuskan siapa yang akan mendampingi Prabowo di Pilpres 2019.

Menurut Andre, saat ini pihaknya masih membahas figur cawapres pendamping Prabowo dengan partai mitra koalisi, seperti PKS.

“Ditunggulah, kami masih membutuhkan waktu untuk memfinalkan. Kami masih menunggu pematangan finalisasi pembicaraan dengan partai-partai koalisi kami,” kata dia.

Andre menuturkan, sembilan nama cawapres yang disodorkan PKS masih dalam pembahasan. Sembilan kader PKS itu adalah Gubernur Jawa Barat dari PKS Ahmad Heryawan, Wakil Ketua Majelis Syuro PKS Hidayat Nur Wahid, mantan Presiden PKS Anis Matta, Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno. Kemudian, Presiden PKS Mohamad Sohibul Iman, Ketua Majelis Syuro PKS Salim Segaf Al Jufrie, mantan Presiden PKS Tifatul Sembiring, Ketua DPP PKS Al Muzammil Yusuf, dan Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera.

“Dari berbagai daftar nama, sekian nama yang ada perlu disepakati dan butuh waktu,” kata dia.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo sudah memutuskan siapa calon wakil presiden yang akan mendampinginya maju dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019.

Namun, Jokowi belum bersedia mengumumkan nama tersebut kepada publik. Baca juga: Prabowo Masih Lakukan Diskusi soal Cawapresnya di Pilpres 2019 "(Cawapres atau calon wakil presiden) sudah ada, tinggal diumumkan," kata Jokowi kepada wartawan di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Sabtu (7/7/2018).

Jokowi meminta wartawan dan publik bersabar. Pengumuman nama cawapres, kata dia, harus dilakukan pada waktu yang tepat.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Jokowi Belum Umumkan Cawapresnya, Gerindra Sebut Galau Menunggu Prabowo"

Editor: ribut raharjo
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved