Jawa

Pendaftaran Calon Legislatif di Kabupaten Magelang Masih Sepi Pendaftar

Pendaftaran untuk calon legislatif DPRD Kabupaten Magelang sudah dibuka sejak tanggal 4 Juli 2018 lalu.

Pendaftaran Calon Legislatif di Kabupaten Magelang Masih Sepi Pendaftar
TRIBUNJOGJA.COM / Rendika Ferri
Sebuah partai politik di Kabupaten Magelang melakukan konsultasi ke KPU Kabupaten Magelang terkait pencalonan anggota legislatif pada Pemilihan Legislatif 2019 mendatang di Kabupaten Magelang, Senin (9/7/2018). 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Rendika Ferri K

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Magelang masih membuka pendaftaran untuk calon legislatif yang maju pada Pemilihan Legislatif DPRD Kabupaten Magelang, Senin (9/7/2018).

Hingga kini belum ada satupun caleg yang mendaftar ke KPU.

Ketua KPU Kabupaten Magelang, Afifuddin mengatakan, pendaftaran untuk calon legislatif DPRD Kabupaten Magelang sudah dibuka sejak tanggal 4 Juli 2018 lalu.

Dari awal pendaftaran, belum terdapat satu calon pun yang mendaftar menjadi calon anggota legislatif.

"Sejak dibuka belum ada yang mendaftarkan diri sebagai calon legislatif, baru beberapa orang yang melakukan konsultasi kepada kami terkait mekanisme pendaftaran dan syarat-syarat yang harus dipenuhi," ujar Afifuddin pada Tribunjogja.com, Senin (9/7/2018).

Dikatakannya, syarat-syarat pendaftaran tersebut sudah tersemat dalam PKPU Nomor 20 Tahun 2018. 

Anggota legislatif yang diterima kurang lebih sebanyak 50 kursi dari enam daerah pemilihan (Dapil) yang ada di Kabupaten Magelang.

Rinciannya, Dapil I sebanyak 10 kursi, dapil kedua sebanyak tujuh kursi, dapil tiga sebanyak tujuh kursi, dapil empat sebanyak delapan kursi, dapil lima sebanyak delapan kursi, dan dapil enam sebanyak 10 kursi.

Sementara, Partai politik yang mengikuti pemilihan legislatif sendiri terdapat 16 partai, baik partai yang sudah ada seperti PDIP, Golkar ataupun partai politik yang relatif baru seperti PSI maupun, Partai Berkarya.

"Ada sebanyak 50 kursi untuk pemilihan legislatif DPRD Kabupaten Magelang tahun 2019 mendatang, dari enam daerah pemilihan yang ada. Jumlah kursi menyesuaikan per daerah pemilihan," kata Afifuddin.

Pendaftaran sendiri dapat langsung dilakukan di Kantor KPU Kabupaten Magelang dengan membawa seluruh persyaratan yang telah ditentukan sebelumnya.

Pendaftaran dibuka dari pukul 08.00-16.00 WIB. 

Sementara, hari terakhir pendaftaran akan diperpanjang sampai pukul 24.00 WIB.(*)

Penulis: rfk
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved