Kota Jogja

Belanja Daerah Kota Jogja Turun 10 Persen

DPRD Kota Yogya mencatat, terdapat penurunan belanja daerah sekitar 89 persen atau setara Rp 1,47 triliun dalam APBD 2017.

Belanja Daerah Kota Jogja Turun 10 Persen
ist
Logo Pemkot Yogyakarta 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Kurniatul Hidayah

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - DPRD Kota Yogyakarta menyampaikan pemandangan fraksi-fraksi terkait pertanggungjawaban pelaksanaan APBD tahun 2017.

Juru bicara Fraksi PKS, M Fauzan menjelaskan bahwa terdapat penurunan belanja daerah sekitar 89 persen atau setara Rp 1,47 triliun.

"Kemampuan belanja daerah tersebut turun 10 persen dibandingkan tahun 2016," ujarnya dalam forum, Senin (9/7/2018).

Baca: Bakal Caleg yang Mundur dari Partai Perindo Buka Peluang Maju Melalui Partai Lain

Dari total penurunan tersebut, lanjutnya, penurunan paling signifikan ada pada bidang retribusi yakni sebesar 8 persen bila dibandingkan tahun 2016.

Satu di antara yang paling menonjol adalah pada parkir tepi jalan umum.

"Upaya yang perlu dilakukan adalah dengan meningkatkan retribusi parkir, meningkatkan pelayanan parkir, inovasi e-parking, dan menambah lokasi parkir tepi jalan umum," ujarnya.

Baca: Siswa SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta Raih Medali Emas dalam Ajang OSN 2018

Selain parkir, Fauzan juga mengungkapkan bahwa eksekutif harus mulai menerapkan e-tax pada hotel dan resto serta mempermudah pengawasan untuk meminimalisir kebocoran.

"Itu dapat menguatkan kas daerah dan dapat mengurangi ketergantungan dana dari pusat yang junlahnya dari tahun ke tahun terus berkurang," urainya. (*)

Penulis: kur
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help