Pendidikan

Sesuaikan Sistem Zonasi, Disdik Yogya Akan Meratakan Sebaran Guru

Wacana persebaran guru dilakukan agar tenaga pendidik di sejumlah sekolah negeri yang berada di Kota Yogya menjadi merata.

Sesuaikan Sistem Zonasi, Disdik Yogya Akan Meratakan Sebaran Guru
internet
ilustrasi 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Sistem zonasi pada PPDB sejatinya dilakukan guna memeratakan pendidikan pada setiap daerah di Indonesia.

Oleh karenanya, saat ini Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta tengah menggodok rencana untuk guru-guru yang mempunyai kualitas yang baik nantinya akan diratakan untuk mengajar di beberapa sekolah dengan sumber daya pendidiknya dirasa masih kurang.

"Kalau tidak bisa dari sisi siswa ya sisi gurunya nanti kami ratakan. Guru yang bagus diratakan," ujar panitia PPDB Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta, Rohmat Jaya pada Tribunjogja.com.

Baca: Masih Andalkan Seleksi Ujian Tulis, Ini Alasan UGM

Wacana persebaran guru yang lebih merata tersebut dilakukan agar tenaga pendidik di sejumlah sekolah negeri yang berada di Kota Yogya menjadi merata.

Setidaknya saat ini ada 16 Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri dari total 54 SMP yang ada, dengan daya tampung 3000 an peserta didik di SMP negeri.

Baca: Sistem Zonasi Diiringi Pro-Kontra dan Berbagai Penyesuaian pada PPDB Yogyakarta Tahun Ini

Ditambahkan Rohmat, banyaknya protes dari para wali murid terkait zonasi, membuat dirinya merasa sistem ini perlu dievaluasi lebih lanjut.

"Masyarakat di Yogyakarta masih menginginkan adanya kelompok-kelompok sekolah seperti dulu, ini menjadi evaluasi sekolah," pungkas Rohmat. (*)

Penulis: Rizki Halim
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help