Kota Jogja

Ada 36 Kelurahan Kumuh di Kota Jogja

Satu dari beberapa yang menjadi kesulitan dalam penanganan pemukiman kumuh adalah bangunan.

Ada 36 Kelurahan Kumuh di Kota Jogja
ist
Logo Pemkot Yogyakarta 

Laporan Calon Reporter Tribun Jogja, Christi Mahatma Wardhani

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA- Kasi Penataan Bangunan dan Lingkungan Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan dan Kawasan Pemukiman (PUPKP) Kota Yogyakarta, Yunita Rahmi Hapsari mengatakan hampir seluruh kelurahan di Yogyakarta memiliki pemukiman kumuh.

"Kalau pemukiman kumuh, sebarannya hampir semua kelurahan kumuh. Ada 45 kelurahan di Kota Yogyakarta, yang di SK kan kumuh ada 36 kelurahan," kata Yunita Minggu (8/6/2018).

Meski dinilai pemukiman kumuh, Yunita melanjutkan pemukiman tersebut masih tergolong ringan.

Ia mengatakan pemukiman kumuh di Kota Yogyakarta cenderung turun.

"Tahun 2016 ada sekitar 264,9 hektar pemukiman kumuh. Tahun ini yang belum diselesaikan ada sekitar 106 hektar. Harapannya semua bisa tertangani di tahun 2018 sampai 2019," lanjutnya.

Terdapat tujuh indikator dan 19 kriteria yang digunakan untuk menilai pemukiman kumuh.

Indikator yang digunakan yaitu air bersih, proteksi kebakaran, drainase, jalan lingkungan, pengelolaan limbah, tata bangunan dan sampah.

"Dari tujuh itu masing-masing pemukiman masalahnya beda-beda. Ada yang satu, ada yang dua. Ada tim kami yang melakukan kajian terkait pemukiman kumuh,"ujarnya.

"Kalau soal urgensi, semua sama, karena semua kategori ringan. Semua harus bisa diselesaikan. Untuk itu (pemukiman kumuh) ada empat sumber pendanaan, dari APBN, APBD, ABPN Provinsi, sama APBD kota, "sambungnya.

Yunita menambahkan, satu dari beberapa yang menjadi kesulitan dalam penanganan pemukiman kumuh adalah bangunan.

"Yang jadi kesulitan itu keteraturan bangunan. Kalau aturannya kan bangunan menghadap ke jalan, bangunan menghadap ke arah yang sama. Ya itu yang paling sudah, kadang juga rumah kurang layak," tutupnya. (*)

Penulis: Christi Mahatma Wardhani
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved