Pendidikan

Mahasiswa UGM Olah Daun Pepaya Sebagai Imunomodulator

Mahasiswa Fakultas Kedokteran Hewan UGM temukan potensi daun pepaya sebagai obat yang dapat memperkuat sistem imun.

Mahasiswa UGM Olah Daun Pepaya Sebagai Imunomodulator
TRIBUNJOGJA.COM / Noristera Pawestri
Mahasiswa Fakultas Kedokteran Hewan UGM temukan potensi daun pepaya sebagai imunomodulator atau obat yang dapat memperkuat sistem imun. 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Noristera Pawestri

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Mahasiswa Fakultas Kedokteran Hewan UGM temukan potensi daun pepaya sebagai imunomodulator atau obat yang dapat memperkuat sistem imun.

Ketua Tim Peneliti, Aprilia Layli Fauzia mengatakan, penemuan ini terinspirasi dengan banyaknya fakta empiris tentang manfaat daun pepaya.

Baca: 10 Jurusan Kuliah dengan Biaya Paling Terjangkau di UGM

"Misalnya sebagai jamu untuk nafsu makan, bahkan untuk tambahan pakan pada ternak unggas dan lele," ujar Aprilia pada Jumat (6/7/2018).

Ditambahkannya, nafsu makan pada hewan-hewan menjadi lebih baik dan hewan tidak mudah sakit.

"Inilah yang ingin kami buktikan kebenarannya secara ilmiah," ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima oleh Tribunjogja.com

Dalam penelitian yang diakukan sejak bulan April lalu, ketiga mahasiswa berusaha melihat pengaruh pemberian ekstrak daun pepaya terhadap imunitas dengan pengamatan pada sel makrofag mencit.

Baca: Inilah Daftar Besaran Biaya Kuliah Fakultas Kedokteran di UGM, UI, Unpad dan Undip

"Untuk melakukan penelitian ini, pertama-tama yang harus dilakukan adalah membuat ekstrak daun pepaya dengan menghaluskan daun pepaya yang telah dikeringkan, kemudian diekstraksi menggunakan pelarut heksan serta etanol," katanya.

Pembuatan ekstrak ini dilakukan di Laboratorium Farmakologi dan Terapi FKKMK UGM.

Setelah itu, dilakukan pengujian kandungan saponin, tannin, dan flavonoid yang merupakan senyawa yang dapat menjadi immunomodulator.

Halaman
12
Penulis: Noristera Pawestri
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help