Gunungkidul

5 Parpol Telah Lakukan Tes Kesehatan di RSUD Wonosari

Hasil akhir dari tes kesehatan adalah berupa surat keterangan sehat jasmani dan rohani untuk disertakan pada pendaftaran caleg ke KPU.

5 Parpol Telah Lakukan Tes Kesehatan di RSUD Wonosari
Ist
Ilustrasi

Laporan Calon Reporter Tribunjogja Wisang Seto Pangaribowo

TRIBUNJOGJA, GUNUNGKIDUL - Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh para calon legislatif (caleg) yang akan berlaga pada Pemilu 2019.

Satu diantaranya adalah harus lulus tes kesehatan jasmani maupun rohani.

Kepala tim pemeriksaan tes kesehatan caleg RSUD Wonosari dr Ida Rochmawati mengatakan, hasil akhir dari tes kesehatan adalah berupa surat keterangan sehat jasmani dan rohani untuk disertakan pada pendaftaran caleg ke KPU.

"Ada beberpa tahapan tes, yaitu tes wawancara, tes urine, MMPI, dan tes kesehatan secara umum seperti cek tekanan darah," ujarnya, Jumat (6/7/2018).

Baca: Pemohon SKCK untuk Nyaleg Harap ada Sosialisasi Terkait SKCK yang Tidak Sehari Jadi

Ia menjelaskan tes MMPI merupakan tes psikologi yang digunakan untuk mendiaknosa gangguan kejiwaan, gangguan seksual, depresi, kebohongan, gangguan anti sosial, dan lain sebagainya.

"Tes kesehatan jiwa diawali dengan wawancara untuk melihat fungsi kognitif caleg," terangnya.

Sementara itu, Staf Pelayanan Medis RSUD Wonosari Asih Yuliani mengatakan, pembukaan tes kesehatan bagi para caleg dimulai sejak 30 Mei dan ditutup pada 17 juli 2018.

"Saat ini yang sudah menjalani tes kesehatan 5 parpol. Sejauh ini semua sudah dinyatakan lulus tes kesehatan," terangnya, Jumat (6/7/2018).

Ia mengatakan kelima parpol yang telah melakukan tes kesehatan adalah PDIP jumlah 43 orang, Demokrat 39, Golkar yang sudah tes baru 25 dari 35 orang, sedangkan saat ini sedang berlangsung PAN dan Perindo.

"Jumlah petugas sejumlah enam orang, diantaranya tes bebas narkotika dan tes kesehatan, dan psikologi," terangnya.

Baca: Hari Kedua Pendaftaran Caleg, KPU Gunungkidul Masih Sepi

Terpisah, Sekretaris DPD PAN Gunungkidul Anwarudin mengatakan hari ini adalah jadwal tes kesehatan untuk para caleg PAN, tes kesehatan dilakukan secara kolektif.

"Ada beberapa yang sudah melakukan tes duluan, yang sudah tes duluan merupakan incumbent," tuturnya.

ia berkeyakinan seluruh caleg PAN dapat lolos tes kesehatan, jika surat kesehatan telah didapat pihaknya akan mendaftarkan ke KPU sesuai jadwal.

"Kami akan mendaftarkan ke KPU sesuai dengan nomor urut partai kami yaitu tanggal 12 Juli," tutupnya.(TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Wisang Seto Pangaribowo
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved