Pendidikan

Pengelolaan Keuangan Mampu Mendorong Kampus ke Taraf Internasional

Pengalaman dari Eropa dalam mengelola keuangan secara modern dan melakukan strategi untuk mendapat pendanaan dari luar pemerintah patut dicontoh

Pengelolaan Keuangan Mampu Mendorong Kampus ke Taraf Internasional
IST
Wakil Menteri Keuangan Prof Mardiasmo saat menjadi pemateri 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Wakil Menteri Keuangan Prof Mardiasmo, menjadi pembicara kunci dalam pertemuan pengelola perguruan tinggi Eropa dan Asia Tenggra yang tergabung dalam Advanse atau Advancing University Financial Management Practices in South East Asia.

Dalam kegiatan yang berlangsung di Ruang balai Senat UGM, Kamis (5/7/2018), dia mengarahkan agar perguruan tinggi dapat mengelola keuangan dan aset secara modern dengan mengedepankan trasparansi dan akuntabilitas agar layanan publik semakin baik.

Mardiasmo menuturkan peningkatan kemampuan pengelolaan keuangan dan aset yang semakin maju diharapkan mampu mendorong kampus bisa menjadi kampus bertaraf internasional dan berkelas dunia.

Baca: Ini Dia Daftar 10 Universitas Terbaik di Asia. Bagaimana dengan Kampusmu?

"Untuk menjadi perguruan yang bisa bertaraf internasional diperlukan otonomi dalam hal pengelolaan di bidang akademik dan non akademik. Di bidang akademik, pemerintah memberikan otonomi dalam bidang struktur dan budaya kerja sementara dalam hal non akademik di bidang manajemen dan keuangan," ujarnya.

Namun demikian, Mardiasmo mengungkapkan bahwa belum semua perguruan tinggi mendapatkan hak otonomi dalam pengelolaan keuangan.

Hal itu lantaran rata-rata saat ini separuh anggarannya berasal dari negara, sisanya 45 persen dari dana masyarakat atau biaya kuliah dan hanya lima persen dari hasil kerja sama dari pihak luar.

Melihat dari kondisi tersebut, menerutnya diperlukan dukungan dari pemerintah untuk peningkatan kemampuan otonomi melalui manajemen keuangan dengan mengoptimalkan pemanfaatan aset.

"Pemanfaatan aset untuk meningkatan kualitas pendidikan dan meningkatan jumlah pendanaan," terangnya.

Baca: UGM Tembus Peringkat 391 Kampus Terbaik Dunia Lho

Sementara itu, Rektor UGM Prof Ir Panut Mulyono, mengatakan manajemen keuangan menjadi kunci dalam peningkatan kulitas pendidikan di lingkungan perguruan tinggi.

Pengalaman dari negara Eropa dalam mengelola keuangan secara modern dan melakukan strategi untuk mendapat pendanaan dari luar pemerintah dan masyarakat patut untuk dicontoh.

"Saya berharap dari konferensi ini nantinya dapat dihasilkan best practice serta ide-ide baru yang muncul," ucapnya.

Lebih lanjut, Advanse beranggotakan tiga univeritas di eropa yakni Alicante University, FH Joanneum University, Saarland Univeraity serta enam universitas dari Asia Tenggara diantranya UGM, USU, universitas Putra Malaysia, Universitas Teknologi MARA, Naresuan University dan Katsesart University.

Advanse mempunyai misi mempromosikan modernisasi manejemen keuangan dan strategi diversifikasi penerimaan pendanaan di lingkungan perguruan tinggi.(TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: nto
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help