Bagaimana Caranya Menentukan Ahli Waris Jika Tak Punya Anak?

Menurut ketentuan hukum Islam pewarisan hanya terjadi karena adanya orang yang meninggal.

Bagaimana Caranya Menentukan Ahli Waris Jika Tak Punya Anak?
hemantlodha.com
Ilustrasi 

TRIBUN, saya minta tolong bahwa kakak saya sebut saja namanya A dan B yang merupakan WNI keturunan Tionghoa, kawin secara sah, tidak mempunyai anak. A meninggal dunia, setahun kemudian B juga meninggal dunia, harta peninggalannya antara lain dua sertifikat tanah atas nama A dan deposito atas nama B. Semua harta didapat dari hasil perkawinan. Yang saya tanyakan, siapakah ahli warisnya? Yang kedua apakah warisan itu bisa dibagi secara gono gini yaitu ahli waris dari A dan ahli waris dari B. saya mengucapkan terima kasih atas jawabannya.

+6281328316xxx

MENJAWAB pertanyaan Saudara perlu ditegaskan terlebih dahulu hukum manakah yang akan diterapkan untuk menyelesaikan masalah ini. Apabila Saudara beragama Islam, Saudara dapat menerapkan ketentuan hukum Islam. Menurut ketentuan hukum Islam pewarisan hanya terjadi karena adanya orang yang meninggal.

Awalnya harus ditentukan dulu harta bawaan suami dan harta bawaan istri.

Sedangkan yang dibagi adalah harta bersama suami dan istri selama perkawinannya dahulu.

Dengan demikian karena pembagiannya adalah istri seperempat bagian dari harta bersama karena tidak adanya keturunan, selebihnya adalah bagian suami.

Jadi harta yang dapat diserahkan pada keluarga istri dalam wasiatnya adalah seperempat bagian dari harta bersama ditambah harta bawaan istri dan yang dibagi pada keluarga suami sisanya ditambah harta bawaan suami.

Meskipun demikian masih harus dilihat lagi apakah masih ada ayah, ibu, atau saudara-saudara untuk menentukan besar bagian masing-masing suami dan istri.

Sementara pembagian warisan menurut ketentuan KUH Perdata dapat digunakan oleh siapapun baik yang beragama Islam ataupun tidak.

Menurut Pasal 830 KUHPerdata pewarisan hanya terjadi karena kematian.

Halaman
12
Editor: mon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved