Mudik Lebaran 2018

Puluhan Bus Mudik-Balik Gratis Diberangkatkan dari Terminal Giwangan

Sejumlah 45 armada bus diberangkatkan dari Terminal Giwangan menuju Jakarta dalam gelaran Mudik-Balik Gratis dari Kementerian Perhubungan

Puluhan Bus Mudik-Balik Gratis Diberangkatkan dari Terminal Giwangan
TRIBUNJOGJA.COM / Kurniatul Hidayah
Armada bus yang mengangkut peserta Mudik-Balik gratis diberangkatkan dari Terminal Giwangan menuju Jakarta, Jumat (22/6/2018) 

Laporan Reporter Tribun Jogja Kurniatul Hidayah

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Sejumlah 45 armada bus diberangkatkan dari Terminal Giwangan menuju Jakarta dalam gelaran Mudik-Balik Gratis dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI, Jumat (22/6/2018).

Koordinator Terminal Giwangan Yogyakarta, Bekti Zunanta menjelaskan bahwa untuk angkutan mudik-balik gratis tahun ini mengalami peningkatan.

Tahun lalu pemerintah menyediakan 36 armada bus, dan saat ini jumlahnya ditambah menjadi 45 armada bus.

"Masing-masing bus mampu mengangkut 45 penumpang. Jadi jumlahnya berapa, tinggal dikalikan saja, 45 bus dikali 45 penumpang," ujarnya ditemui seusai pelepasan peserta Mudik-Balik gratis di Terminal Giwangan.

Baca: Program Mudik Gratis Pemerintah Pusat Membuat Omset Pengusaha Bus Lokal Turun

Ia menjelaskan bahwa kegiatan Mudik-Balik gratis untuk tahun ini relatif lancar.

Berbeda dengan dengan tahun lalu di mana ada penambahan jumlah armada sehingga perlu dilakukan pengaturan ulang, untuk tahun ini seluruh peserta mudik-balik gratis sudah langsung mengantongi tiket pulang-pergi (PP).

"Semua tujuan ke Jakarta. Kalau jurusan Surabaya memang setiap harinya bus ekstra yang kami sediakan selalu penuh. Total ada 23 bus jurusan Surabaya yang diberangkatkan setiap harinya," tambahnya.

Ia menjelaskan, bahwa selain mengangkut penumpang, pada Kamis (21/6/2018) malam, telah diberangkatkan 7 truk yang memuat 280 sepeda motor milik para peserta Mudik-Balik gratis tersebut.

Kasubdit Multi Moda Kemenhub RI, Ahmad Wahyudi menjelaskan bahwa tahun ini terdapat peningkatan sarana dan juga peserta Mudik-Balik gratis sebesar 9-10 persen.

Halaman
12
Penulis: kur
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved