DIY

DIY Akan Kirim Tenaga Magang ke Jepang

DIY kembali akan mengirimkan tenaga kerjanya ke Jepang, menyusul suksesnya program serupa yang pernah dilakukan beberapa waktu yang lalu.

DIY Akan Kirim Tenaga Magang ke Jepang
ist
Logo Pemda DIY 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - DIY kembali akan mengirimkan tenaga kerjanya ke Jepang, menyusul suksesnya program serupa yang pernah dilakukan beberapa waktu yang lalu.

Terkait hal tersebut, Suruga Miyagawa Company (SMC) Jepang, Jumat (22/6/2018) melakukan pertemuan dengan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono  X bersama dengan Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi.

SMC mengaku siap untuk kembali menerima peserta magang.

Oleh karena itu, pihaknya meminta pemerintah DIY untuk menyiapkan SDM yang akan dikirim sebagai pegawai magang

Tenaga kerja asal Yogyakarta dikenal memiliki sikap baik, sehingga membuat perusahaan asal negara Matahari Terbit tersebut tidak sungkan untuk meminta DIY kembali mengirim SDM terbaik ke negaranya.

Baca: Pemda DIY Buka Program Magang, 530 Peserta Ditempa di 42 Perusahaan

Rencananya tenaga kerja magang akan diberangkatkan pada Desember 2018, yaitu untuk tenaga kerja di bidang perawat bagi warga lanjut usia.

Tidak hanya tenaga kerja pada bidang perawat lansia saja, rencananya kerjasama tersebut juga akan merambah ke bidang lain.

“Bidang kerjanya seperti restoran, konstruksi dan lain lain,” ujar Perwakilan Staf SMC Cabang Yogyakarta, Marwanto.

Baca: Ini Harapan Peserta Magang Fair 2018 yang DIgelar Disnakertrans DIY

Respons positif diberikan Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X terkait rencana tersebut.

Menurutnya, program tersebut bisa menambah pengalaman SDM yang dikirim ke Jepang, sehingga saat kembali ke DIY bisa membawa ilmu yang berguna.

"Harapannya ini menjadi salah satu kesempatan bagi warga DIY untuk mendapatkan pengalaman di Jepang, sehingga ketika pulang kembali ke Indonesia bisa lebih mandiri dan bahkan bisa menciptakan lapangan kerja,” kata Ngarsa Dalem.(TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Rizki Halim
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved