Mau Gudeg Tahan Lama? Coba Saja Gudeg Kaleng

Jika dikemas menggunakan kendil, gudeg hanya mampu bertahan kurang lebih selama 24 jam

Mau Gudeg Tahan Lama? Coba Saja Gudeg Kaleng
tribunjogja/hamimthohari
Varian gudeg kaleng Bu Lies 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Hamim Thohari

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Gudeg, seakan sudah tidak terpisahkan dari Yogyakarta. Perpaduan rasa manis dan gurih menjadikannya memiliki karakter yang kuat sehingga mampu mewakili citarasa khas Yogyakarta.

Tidak hanya dimakan di tempat, banyak yang menjadikan gudeg sebagai buah tangan jika kembali ke daerah asal mereka selepas dari Yogyakarta.

Melihat peluang tersebut mendorong beberapa pengusaha gudeg menghadirkan gudeg kaleng yang mampu bertahan lama, dan salah satunya adalah gudeg Bu Lies yang berada di sentra gudeg Wijilan Yogyakarta.

Dalam keadaan normal atau dikemas menggunakan kendil atau pun besek, gudeg hanya mampu bertahan kurang lebih selama 24 jam.

"Banyak wisatawan dari luar daerah yang ingin membawa gudeg pulang, tetapi terkendala jarak. Dari sana kami coba menghadirkan gudeg kaleng," ujar Chandra Setiawan Kusuma produsen gudeg kelang Bu Lies.

Lebih lanjut, putra dari Bu Lies tersebut mengatakan, gudeg yang telah dikemas dalam kaleng mampu bertahan hingga 1 tahun.

Teknik pengawetan makanan di dalam kaleng tersebut didapat Chandra dari laboratorium LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia) di Gunungkidul.

Sebelum memiliki tempat dan peralatan sendiri, proses pengawetan gudeg dalam kaleng dilakukan di laboratorium milik LIPI.

Halaman
123
Penulis: mim
Editor: mon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help