DIY

H+2 Lebaran, 72 Ribu Wisatawan Penuhi Candi Borobudur dan Candi Prambanan

PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko (Persero) telah melakukan berbagai persiapan terkait kunjungan wisatawan selama libur lebaran.

H+2 Lebaran, 72 Ribu Wisatawan Penuhi Candi Borobudur dan Candi Prambanan
Dokumentasi Media TWC
Pengunjung Candi Prambanan tengah berfoto dengan rangkaian hiasan caping bambu yang menjadi daya tarik wisatawan saat berkunjung di candi yang dikelola oleh PT TWC. 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Wahyu Setiawan Nugroho

TRIBUNJOGJA.COM - Sekretaris Perusahaan PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko (Persero), Achmad Muchlis melakukan tinjauan langsung ke Taman Wisata Candi Prambanan, Senin (18/6/2018) sore.

Dalam kunjungannya Achmad menyampaikan bahwa selama H+2 lebaran total ada sekira 72 ribu pengunjung dari dua ikon candi di Jawa Tengah dan DIY ini, dengan pembagian Candi Borobudur berjumlah mencapai 52 ribu pengunjung dan 20 ribu pengunjung di Candi Prambanan.

"Kalau melihat kemarin sebetulnya tingkat kunjungan wisatawan di Borobudur mencapai 52 ribu, dan Prambanan hampir 20 ribu, hari ini mudah-mudahan lebih banyak pengunjung," ungkapnya kepada media di sela-sela kunjungannya.

Pihaknya mengaku telah melakukan berbagai persiapan terkait kunjungan wisatawan selama libur lebaran tahun ini yang diharapkan mengalami peningkatan.

"Alhamdulilah tadi kami sudah keliling ke Ratu Boko, ke resto-resto, ini kita di Prambanan dan besok pagi ke Borobudur. Alhamdulliah pengunjungnya banyak dan kita juga sudah membuka pintu cadangan yang mana ini menjadi anugerah kita semua," katanya.

Dirinya memperkirakan banyaknya pengunjung Borobudur dan Prambanan ini dikarenakan oleh waktu libur lebaran tahun ini yang cukup panjang sehingga memberi keleluasan memilih waktu berkunjung bagi para wisatawan.

"Dan memang dengan libur yang panjang ini kan berbagi waktu, masing-masing pengunjung bisa menyesuaikan kegiatannya. Kalau dulu kan sebelum berangkat mudik sudah bisa mampir, sekarang dengan waktu yang seminggu lebih longgar sehingga para pengunjung bisa menyesuaikan waktunya dan mudah-mudahan apa yang sudah direncanakan bisa tercapai," tambah.

Taman Wisata Candi (TWC) juga sudah berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk menunjang kelancaran wisata baik arus lalu lintas maupun keamanan berwisata di kawasan Taman Wisata Candi.

"Kalau dari sisi kelancaran kita sudah koordinasi dengan pihak-pihak terkait serta juga keterlibatan masyarakat sekitar sehingga sudah dipersiapkan dengan baik. Memang mungkin jalur-jalur utama yang menuju ke Boko agak terkendala karena harus melalui sampai ke Kalasan sehingga membutuhkan waktu. Untuk yang akan mengejar sunset, itu yang harus diperhitungkan waktunya. Mudah-mudahan pengunjung juga senang berwisata di Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko," pungkas Achmad Muchlis. (*)

Penulis: Wahyu Setiawan Nugroho
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved