Kota Yogyakarta

Peringati ASEAN Dengue Day, Kasus DBD di Kota Yogyakarta Diklaim Menurun

Eliminate Dengue Project (EDP) Yogyakarta berupaya mengurangi angka kematian akibat nyamuk Aedes Aegypti.

Peringati ASEAN Dengue Day, Kasus DBD di Kota Yogyakarta Diklaim Menurun
istimewa
Eliminate Dengue Project (EDP) Yogyakarta berupaya mengurangi angka kematian akibat nyamuk Aedes aegypti ini menggunakan bahan bakteri alami Wolbachia untuk menghambat perkembangan virus dengue di dalam tubuh nyamuk. 

TRIBUNJOGJA.COM - Demam berdarah dengue (DBD) merupakan satu di antara pentakit yang ditularkan oleh nyamuk.

Tak hanya di Indonesia, penyakit ini menjadi keprihatinan di negara-negara beriklim tropis lainnya.

Hal inilah yang memantik negara-negara ASEAN menentukan tanggal 15 Juni sebagai hari deman berdarah Dengue se-Asean atau ASEAN Dengue Day.

Mengambil tema Masyarakat ASEAN bersatu melawan Dengue sebagai upaya meningkatkan kesadaran pemerintah dan masyarakat akan pentingnya tindakan pengendalian dan pencegahan DBD.

Di Yogyakarta, satu di antara kelompok peneliti yang terus melakukan upaya penanggulangan dan pengurangan penyakit demam berdarah adalah Eliminate Dengue Project (EDP) Yogyakarta.

Proyek penelitian untuk mengurangi angka kematian akibat nyamuk Aedes Aegypti ini menggunakan bahan bakteri alami Wolbachia untuk menghambat perkembangan virus dengue di dalam tubuh nyamuk.

Telur nyamuk yang sudah mengandung bakteri tersebut disebar di rumah-rumah penduduk di Kota Yogyakarta.

“Saat ini kami telah menyebar nyamuk berwolbachia hampir setengah wilayah Kota Yogyakarta,” kata peneliti utama EDP Prof Adi Utarini kepada wartawan, beberapa waktu lalu.

Meski masih dalam tarap penelitian, namun Adi Utarini yakin hasil penelitian ini nantinya bisa menjadi rujukan dalam upaya pengurangan kasus demam berdarah di Indonesia.  

“Meski ke depan kami berharap Wolbachia dapat juga menangani penyakit lainnya tapi kami saat ini fokus dengan DBD,” paparnya.

Halaman
12
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help