Mudik Lebaran 2018

Arus Balik Lebaran, Korlantas Berlakukan Rekayasa Lalu Lintas

Langkah tersebut diambil karena dinilai paling efektif dibanding skema atau rekayasa lalu lintas lain seperti Contra Flow, dan lain sebagainya.

Arus Balik Lebaran, Korlantas Berlakukan Rekayasa Lalu Lintas
ANTARA FOTO/M Agung Rajasa
Antrian kendaraan pemudik di ruas jalan Nagreg, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Selasa (12/6). Kementerian Perhubungan memperkirakan jumlah pemudik tahun ini yang migrasi dari Jakarta ke berbagai daerah menjelang Lebaran sebanyak 31,55 juta orang dengan menggunakan berbagai moda transportasi dan dari data tersebut sekitar 68 persen atau 22,9 juta pemudik menuju berbagai daerah di Jawa serta sisanya ke wilayah, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi. 

TRIBUNJOGJA.COM, JAKARTA - Upaya "one way traffic" diambil oleh Korps Lalu Lintas Kepolisian Republik Indonesia ( Korlantas Polri) dan PT Jasa Marga (Persero)  untuk mengurai kemacetan pada arus mudik Lebaran 2018.

Langkah tersebut diambil karena dinilai paling efektif dibanding skema atau rekayasa lalu lintas lain seperti Contra Flow, dan lain sebagainya.

Kakorlantas Polri Irjen Pol Royke Lumowa mengatakan, usai mudik polisi juga sudah siap mengawal arus balik Lebaran 2018.

Bahkan rekayasa lalu lintas "one way" masih akan diberlakukan jika di suatu jalan terjadi kemacetan yang cukup parah.

"Rasanya kurang untuk mengurai kemacetan dengan contra flow, makanya kami lakukan one way traffic," kata Royke yang diinformasikan melalui grup whatsapp "Mudik Asyik 2018".

Baca: Sakit Hati, Sebar Gambar Selingkuhan Tanpa Busana Lewat Facebook, Ditangkap Polres Gunungkidul

Meski dianggap paling efektif, tetapi Royke juga mengimbau kepada jajarannya agar tetap berhati-hati dalam melakukan rekayasa lalu lintas seperti itu.

"Jangan sampai memindahkan kemacetan, apalagi menggunakan sistem one way parsial, akan terjadi bottle neck di ujung jalan nantinya," ujar Royke.

Skema one way itu sendiri sudah dilakukan di beberapa ruas jalan Tol ketika arus mudik 2018.

Sebagai contoh di ruas Tol Cikampek km 53, Tol Cipali, hingga Kanci.(TRIBUNJOGJA.COM)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Rekayasa Lalu Lintas pada Arus Balik Lebaran 2018", https://otomotif.kompas.com/read/2018/06/17/113500515/rekayasa-lalu-lintas-pada-arus-balik-lebaran-2018.
Penulis : Aditya Maulana
Editor : Azwar Ferdian

Editor: Ari Nugroho
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved