Travel

Sunrise di Tebing Panguk Kediwung Ini Cantiknya Bikin Nagih

Spot wisata sunrise tebing Panguk Kediwung, Mangunan, Sabtu (16/6/2018) pagi tampak ramai pelancong. Bahkan ada yang menginap sejak malam.

Sunrise di Tebing Panguk Kediwung Ini Cantiknya Bikin Nagih
Pengunjung objek wisata bukit Panguk Kediwung, Mangunan, menikmati panorama sunrise dari salah satu wahana foto di lokasi itu, Sabtu (16/6/2018) 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Liburan Idul Fitri atau Lebaran 2018 masih cukup panjang. Sejumlah destinasi wisata di Yogyakarta dipadati pengunjung, tanpa kecuali spot-spot Instagramable atau Facebookable di perbukitan Mangunan, Imogiri.

Spot wisata sunrise tebing Panguk Kediwung, Mangunan, Sabtu (16/6/2018) pagi tampak ramai pelancong. Bahkan ada yang menginap sejak malam di homestay atau gazebo dan warung-warung di lokasi wisata alam ini.

Ada yang datang sendiri atau rombongan naik motor, mobil pribadi maupun mobil wisata carteran. Mereka berdatangan dari berbagai daerah di Indonesia, mengisi waktu liburan pekan- pekan ini.

Tujuan utamanya, memburu panorama matahari terbit (sunrise) yang memang secara lokasi tebing Panguk Kediwung ini paling ideal. Lokasi pandangnya menghadap ke timur, atau ke arah terbitnya matahari.

Di dasar jurang, mengular Kali Oya yang memutari perbukitan Mangunan ke arah hilir di pantai Parangtritis. Nah, selain panorama indah saat matahari terbit, gumpalan awan tebal di jurang Kali Oya itulah yang ditunggu-tunggu.

Tentu saja spot-spot foto yang disiapkan pengelola objek wisata di area KPH Perhutani ini jadi rebutan pengunjung. Ada tujuh wahana bisa dipakai ajang foto-foto di sepanjang tebing timur Panguk Kediwung.

Pak No, salah seorang anggota kelompok pengelola objek wisata Panguk Kediwung menjelaskan, wahana terbarunya adalah spot "perahu kertas". Lainnya ada wahana "kereta kencana ditarik kuda", dan semacam "pintu langit".

"Bagus tidaknya panorama memang untung-untungan Mas. Hari-hari ini sulit diprediksi karena awal kemarau ini anginnya sangat kencang. Ini bikin awan gak bakal lama-lama di sana," kata Pak No.

"Pagi ini cukup baik. Awannya muncul dan cukup lama," imbuhnya. Beruntung memang, bagi para pengunjung dan pemburu sunrise.

Panorama Sabtu pagi itu tergolong cantik, dengan gumpalan awan putih menutupi hampir seantero jurang dan alur Kali Oya. Sayang tidak berlangsung lama karena angin bertiup cukup kencang.

Keramaian pengunjung juga terlihat di objek wisata tebing Jurang Tembelan, Rumah Hobbit, dan deretan hutan pinus di Mangunan hingga puncak Becici yang pernah dikunjungi mantan Presiden Barrack Obama.

Tarif masuk lokasi bukit Panguk Kediwung dan beberapa spot lain tergolong murah meriah saja. Hanya Rp 2.500 per orang, dan tiket parkir mobil Rp 5.000. Ini tarif yang diberlakukan sama di semua destinasi wisata area Perhutani.

Anda liburan di Kota Yogya, dan belum ke mana-mana? Cobalah memburu keberuntungan menikmati panorama negeri di atas awan di sekitar perbukitan Mangunan, Imogiri.(Tribubunjogja.com/xna)

Penulis: xna
Editor: setya krisna sumargo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved