Bisnis

Serapan Uang Tunai Libur Lebaran Capai Rp 7 Triliun Lebih

Mengantisipasi lonjakan kebutuhan lebaran, Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) DIY telah menyiapkan uang tunai sebanyak Rp 7,947 triliun.

Serapan Uang Tunai Libur Lebaran Capai Rp 7 Triliun Lebih
net
uang rupiah 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Yudha Kristiawan

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Serapan uang tunai yang disediakan oleh Kantor Perwakilan Bank Indonesia DIY untuk kebutuhan selama lebaran sudah mencapai 89% atau Rp 7,02 triliun dari sekitar Rp 7,9 triliun stok yang disediakan.

Hal ini disampaikan Probo Sukesi, Tim Pengembangan Ekonomi Kantor Perwakilan Bank Indonesia DIY, Rabu (13/6/2018). 

Bank Indonesia DIY bersama seluruh unsur perbankan di wilayah kerja BI DIY menyelenggarakan layanan penukaran secara serentak di 66 loket bank sejak tanggal 14 Mei hingga 8 Juni 2018. 

Pada periode yang sama penukaran uang juga dilakukan melalui layanan kegiatan kas keliling di 32 lokasi dengan menggunakan sembilan mobil kas keliling.

Sebanyak dua mobil milik BI dan tujuh mobil lainnya milik bank umum yang  tersebar di seluruh Kabupaten dan Kota di DIY.

"Kegiatan penukaran ini juga sebagai wujud partisipasi BI DIY pada program 1000 titik penukaran nasional," ujar Probo.

Diberitakan sebelumnya, kebutuhan uang tunai saat momen Ramadan dan Lebaran meningkat bila dibandingkan dengan hari biasa.

Untuk mengantisipasi lonjakan kebutuhan pada momen tersebut, Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) DIY telah menyiapkan uang tunai sebanyak Rp 7,947 triliun. 

Bila dibandingkan dengan kebutuhan uang tunai tahun lalu di angka Rp 7,5 triliun maka proyeksi kebutuhan saat momen Ramadan dan Lebaran tahun ini diproyeksikan meningkat sehingga BI DIY menyiapkan stok lebih banyak dibandingkan tahun lalu.

Halaman
12
Penulis: yud
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help