Internasional

Nyaris Bentrok di Aleppo, Konvoi Pasukan Khusus AS Dipaksa Balik Arah

Rombongan itu diduga pasukan khusus AS yabg sedang berpatroli namun salah ambil rute

Nyaris Bentrok di Aleppo, Konvoi Pasukan Khusus AS Dipaksa Balik Arah
AMN
Konvoi pasukan AS terdiri tujuh kendaraan tempur tampak dihentikan di pos pemeriksaan pasukan Suriah di Tal Aswad, Aleppo utara, Selasa (12/6/2018) 

TRIBUNJOGJA.COM, BEIRUT – Hanya dalam tempo 10 hari terakhir, serombongan tentara AS nyaris bentrok dengan pasukan Suriah di dekat Tal Aswad, Aleppo Utara.

Rombongan itu diduga pasukan khusus AS yabg sedang berpatroli namun salah ambil rute sehingga memasuki rute yang ada pos pemeriksaan pasukan Suriah.

Namun ketegangan bisa diakhiri sesudah konvoi tujuh kendaraan militer berisi puluhan serdadu itu bersedia balik arah.

Demikian diwartakan situs Al Masdar News dari Beirut, Rabu (13/6/2018).

Saat memasuki jalur ke pos pemeriksaan pasukan Suriah, tak satupun tentara AS yang turun dari kendaraan. Sementara sejumlah prajurit Suriah bersiaha menenteng senjata apinha.

Mengutip laporan militer dari Aleppo, konvoi pasukan AS yang secara ilegal ada di Suriah sepertinya mencoba jalan pintas saat memantau situasi di luar Kota Manbij  Selasa (12/6/2018).

Kota ini diduduki milisi bersenjata pro AS, Syrian Defence Forces (SDF) yang dibekingi AS. Sebelumnya kota ini dikuasai kelompok ISIS yang akhirnya diserbu dan terusir.

Saat mendekati pos pemeriksaan Suriah itulah, gerak maju konvoi pasukan AS itu terhenti. Militer Suriah tak memberi jalan. Mereka akhirnya berputar balik lewat rute semula, kembali ke Kota Manbij.

Kehadiran militer asing di Suriah kemarin ditambahi datangnya kontingen Italia. Merrka mengirimkan tentaranya ke Suriah utara guna membantu milisi bersenjata Kurdi People’s Protection Units (YPG).

Informasi ini dikabarkan kantor berita Turki, Anadolu, dan dikutip situs berita Al Masdar News dari Beirut, Lebanon, Selasa (12/6/2018). Belum ada tanggapan dari pemerintah Italia.

Mengutip sumber lokal, Anadolu mengklaim kontingen militer Italia memasuki Provinsi Al Hasakeh dari perbatasan barat laut Irak-Suriah.

Masih menurut Anadolu, pasukan Italia ini akan menempati pos kecil bekas ditempati tentara AS di dekat ladang minyak Al Umar di timur Deir Ez-Zor.(Tribunjogja.com/AMN/ Anadolu/xna)

Penulis: xna
Editor: ton
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved