Mudik Lebaran 2018

Bus Besar Diimbau Gunakan Jalur Patuk

Sejumlah objek wisata di kawasan Dlingo, Bantul, dipastikan bakal dipadati para pemudik, atau wisatawan, pada libur lebaran mendatang.

Bus Besar Diimbau Gunakan Jalur Patuk
TRIBUNJOGJA.COM / Susilo Wahid
Wisatawan memadati kawasan Hutan Pinus Mangunan, Selasa (26/12/2017). Hutan Pinus menjadi salah satu spot wisata favorit kawasan RPH Mangunan yang menawarkan taman bunga dan pohon pinus. 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Sejumlah objek wisata di kawasan Dlingo, Bantul, dipastikan bakal dipadati para pemudik, atau wisatawan, pada libur lebaran mendatang.

Karena itu, kapadatan arus lalu lintas menuju destinasi, mendapat perhatian khusus.

Kepala Bidang Pengembangan Destinasi Wisata Dinas Pariwisata DIY, Aria Nugrahadi, mengatakan bahwa saat masa libur nanti, bus-bus dengan kapasitas besar tidak diperbolehkan masuk melalui akses Imogiri-Mangunan, Cegokan-Tering dan Getas-Dlingo. 

Dengan begitu, bus besar yang mengangkut para pemudik, atau wisatawan, yang hendak mengisi waktu luangnya di objek-objek yang ada di kawasan Dlingo, diharuskan menggunakan jalur Patuk.

Hal tersebut, untuk memberikan kenyamanan bagi pengunjung.

Baca: Kendaraan Shuttle ke Mangunan Sejenis Avanza

"Kami pasang rambu larangan melintas untuk bus-bus besar di pertigaan Imogiri, dari arah barat maupun utara. Rambu juga dipasang di pertigaan Cegokan dan pertigaan Playen, arah Dodogan," katanya.

Aria menuturkan, selain rekayasa lalu lintas, telah disiapkan pula pos pantau yang tersebar di delapan titik.

Yakni, di Perempatan Terong, Becici, Pertigaan Mangunan, Utara Kantor Kemcatan Imogiri, Pertigaan Cegokan, Cino Mati, Hargodumilah dan Huta Pinus.

Lebih lanjut, ia mengimbau kepada rombongan wisatawan, khususnya yang datang menggunan bus berukuran besar, supaya mentaati setiap aturan yang telah ditetapkan.

Pasalnya, diakuinya, selama ini masih banyak pengunjung yang cenderung abai.

Halaman
12
Penulis: aka
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help