Home »

News

» Sains

Sains

Bagaimana Rupa Manusia 'Sempurna?' Ini Jawaban Ahli Biologi Evolusioner

Hasilnya adalah makhluk mirip manusia dengan telinga seperti kelelawar dan kantong mirip kangguru untuk menjaga anak-anak.

Bagaimana Rupa Manusia 'Sempurna?' Ini Jawaban Ahli Biologi Evolusioner
IST
Bentuk manusia sempurna menurut ahli evolusi 

TRIBUNJOGJA.COM - Meski evolusi tubuh manusia sudah berjalan sekian lama, namun ternyata di mata para ahli anatomi, bentuk tubuh kita belumlah sempurna.

Ambillah soal cara berjalan dengan dua kaki dan otak yang lebih besar dari primata lainnya.

Walaupun berguna bagi kita saat ini, kedua hal tersebut diyakini membuat ukuran pinggul manusia mengecil sehingga proses melahirkan menjadi lebih menyakitkan.

Sementara itu, primata betina lainnya bisa langsung berjalan seperti biasa sesaat setelah melahirkan anaknya.

Selain itu, berjalan dengan dua kaki, dikombinasikan dengan tulang belakang berbentuk huruf 'S' yang tidak ideal untuk menyangga berat badan, juga diduga menjadi alasan kita mengalami sakit punggung di usia lanjut.

"Jika Anda merawatnya, tulang belakang akan membuat Anda baik-baik saja hingga usia 40-50 tahun. Namun, setelah itu lain ceritanya," kata Bruce Latimer, ahli anatomi kepada Science Magazine.

Baca: Google Doodle - Begini Prosedur Montreal Wilder Penfield yang Merevolusi Pengobatan Epilepsi

Selain itu, manusia memiliki tenggorokan yang rentan tersedak, serta kemampuan indera penglihatan dan pendengaran yang terbatas selama kita menjalani hidup ini.

Dengan sejumlah alasan tersebut, para ahli pun mencoba membayangkan bentuk tubuh manusia yang sempurna.

Salah satunya adalah Profesor Alice Roberts, seorang ahli anatomi dari Universitas Birmingham, yang menceritakan bayangannya di artikel The Daily Mail.

Roberts terinspirasi oleh beberapa karakteristik organ dari sejumlah binatang dan memutuskan untuk menggabungkannya agar tercipta bentuk tubuh manusia yang super dan sempurna.

Halaman
12
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help