Anak Terduga Teroris

Dinyatakan Sehat Secara Fisik dan Psikis, Enam Anak Terduga Teroris Diserahkan ke Kemensos

Dinyatakan Sehat Secara Fisik dan Psikis, Enam Anak Terduga Teroris Diserahkan ke Kemensos

Dinyatakan Sehat Secara Fisik dan Psikis, Enam Anak Terduga Teroris Diserahkan ke Kemensos
KOMPAS.com/Achmad Faizal
Pihak Kemensos bersama Wali Kota Surabaya dan Kapolda Jatim usai serah terima 6 anak terduga teroris. 

TRIBUNJOGJA.COM - Setelah dinyatakan sehat secara fisik dan psikis, enam anak dari keluarga terduga teroris yang sempat menjalani perawatan di Rumah Sakit Bhayangkara Polda Jatim akhirnya diserahkan kepada Kementrian Sosial.

Penyerahan dilaksanakan oleh kapolda Jawa Timur, Irjen Pol Machfud Arifin kepada perwakilan dari Kementrian Sosial yang diwakili oleh Direktur Rehabilitasi Sosial Anak, Nahar, Selasa(12/6/2018).

Sebelum diserahkan kepada Kementrian Sosial, Nahar bersama Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini menyempatkan diri menemui keenam anak tersebut di RS Bhayangkara Polda Jatim.

"Secara medis, keenam anak asal Surabaya dan Sidoarjo itu sudah baik. Setelah ini kami pasrahkan bagaimana baiknya kepada Kemensos, baik itu dari urusan pendidikan, maupun siapa nanti yang berhak mengasuh," kata Kapolda Jatim, Irjen Pol Machfud Arifin.

Keenam anak tersebut kata Machfud, 3 di antaranya dari terduga teroris asal Surabaya, dan 3 lagi asal Sidoarjo.

Selain dari pelaku peledakan bom bunuh diri di Surabaya 13 dan 14 Mei lalu, sebagian juga dari keluarga yang ayah atau ibunya diamankan karena diduga terlibat aksi terorisme.

"Pesan kami yang penting bagaimana anak-anak tersebut memperoleh pemahaman tentang ideologi Islam dan kebangsaan yang benar," terang Machfud.

Direktur Rehabilitasi Sosial Anak, Nahar, mengatakan penanganan terhadap keenam anak tersebut sesuai dengan SOP Kemensos, dari penanganan medis, rehabilitasi sosial, pendampingan psikososial, dan reintegrasi sosial.

"Kita punya tempat khusus di beberapa daerah, nanti tergantung mana yang mereka lebih cocok dan nyaman," jelasnya. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Polda Jatim Serahkan 6 Anak Terduga Teroris ke Kemensos", 

Editor: has
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help