Singgah di Masjid Bersejarah

Video Masjid Pathok Negoro Mlangi, Tempat ‘Mulangi’ Ajaran Islam

Video Masjid Pathok Negoro Mlangi, Tempat ‘Mulangi’ Ajaran Islam yang Dibangun Oleh Kyai Nur Iman.

TRIBUNJOGJA.COM - Masjid itu dibangun pada 1758. Adalah Kyai Nur Iman, adik dari Sultan Hamengkubuwono I yang membangun kala itu.

Ketika kita mengunjungi Dusun Mlangi, Nogotirto, Gamping, Sleman, kita akan mendapati bangunan masjid yang masuk dalam empat kategori Masjid Pathok Negoro di DI Yogyakarta.

Masjid tersebut bernama Masjid Pathok Negoro Mlangi, yang dibangun pada tahun 1758 oleh Kyai Nur Iman, yang merupakan kakak dari Sultan Hamengkubowono I.

Nama Mlangi sendiri ada yang mengartikan ‘mulangi’ yang berarti mengajar. Nama tersebut diambil karena cita-cita Kyai Nur Iman untuk mengembangkan ajaran Islam sejak masih muda.

Dalam sejarahnya, Kyai Nur Iman sama sekali tidak menginginkan tahta sebagai raja di Keraton Yogyakarta.

Keteguhan hatinya untuk tetap mengabdi kepada agama, membuatnya memilih untuk meninggalkan Keraton.

Adalah M Abhan Ikhwan (73), satu di antara keturunan Kyai Nur Iman yang juga sudah 10 tahun terakhir menjadi Takmir di Masjid Mlangi mengatakan, dari dulu Kyai Nur Iman ingin keturunannya menjadi guru.

Hal tersebut membuat di Dusun Mlangi setidaknya ada 14 pondok pesantren yang juga dipimpin oleh keturunan dari Kyai Nur Iman.

“Kyai Nur Iman dulu tidak mau menjadi raja, sempat beliau melalangbuana untuk mendalami agama Islam. Hingga akhirnya dia dan 2 orang pengikutnya menetap di Mlangi dan mendirikan masjid ini, sekaligus mengembangkan agama Islam,” katanya.

Baca: Video Masjid Mbah Maridjan, Ide Pembangunan Berasal dari Mapala Unisi

Abhan juga menerangkan, untuk menjaga anak keturunannya agar senantiasa menyebarkan Islam, dulunya terdapat tradisi perjodohan antara yang masih keturunan Kyai Nur Iman. Hingga tahun 1972 tradisi tersebut sudah mulai hilang.

Halaman
12
Penulis: Siti Umaiyah
Editor: has
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved