Home »

DIY

» Sleman

Singgah di Masjid Bersejarah

Video Masjid Mbah Maridjan, Ide Pembangunan Berasal dari Mapala Unisi

Video Masjid Mbah Maridjan, Ide Pembangunan Berasal dari Mapala Unisi pada Tahun 1982.

TRIBUNJOGJA.COM - Sebuah masjid berukuran 12x11 berdiri megah di samping Museum dan Petilasan Mbah Maridjan di dusun Kinahrejo, Umbulharjo, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

MASJID yang memiliki nama Masjid Al-Amin atau Masjid di atas pasir ini pertama digagas oleh sejumlah mahasiswa Mapala Unisi dari Universitas Islam Indonesia dan mendapat persetujuan warga pada tahun 1982.

Mas Bekel Suraksosihino atau yang biasa dipanggil Mas Asih yang merupakan putra ke-4 dari Mbah Maridjan sekaligus menjadi Takmir Masjid ini mengungkapkan, dulunya masjid ini merupakan wakaf dari Mbah Hargo yang didirikan oleh masyarakat setempat dan Mapala dari UII.

"Dulu saya masih kecil, Mapala UII kan sering naik gunung setiap Minggu, dan ngepos di tempat bapak (Mbah Maridjan) mereka memiliki pikiran untuk mendirikan masjid karena dulu sarana belum ada," katanya.

Mas Asih menjelaskan, dulunya masjid ini merupakan masjid termegah di Kecamatan Cangkringan.

Baca: Video Langgar Dhuwur Kotagede, Berumur Lebih dari Satu Abad

Namun, karena adanya Erupsi Merapi tahun 2010 bangunan masjid menjadi rata dengan tanah. Setelah itu masjid Al-Amin didirikan kembali tahun 2011 dengan bambu seadanya.

Di tahun 2017, masjid Al-Amin mendapatkan bantuan dari beberapa donatur, dan di tanggal 28 Juli 2017 peletakan batu pertama mulai dilakukan.

"Dulunya masjidnya habis. Kemudian ada donatur dan mulai dibangun kembali tahun 2017. Pada 19 Februari 2018 masjidnya mulai diresmikan," jelasnya.

Masjid Al-Amin dulunya menjadi pusat kegiatan masyarakat Kinahrejo. Mulai dari pengajian, perkumpulan warga maupun TPA anak-anak.

Pindah ke Huntap

Halaman
12
Penulis: Siti Umaiyah
Editor: has
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help