Home »

DIY

» Sleman

Sleman

Terkait Khotbah Idul Fitri, Kemenag Sleman Telah Berikan Pengarahan

Berkaitan dengan isi, secara umum pihaknya memberikan pengarahan agar berisi tentang penguatan kerukunan, persatuan, dan kesatuan.

Terkait Khotbah Idul Fitri, Kemenag Sleman Telah Berikan Pengarahan
Dok. Kementerian Agama
Kementerian Agama 

Laporan Calon Reporter Tribun Jogja, Siti Umaiyah

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Berkenan dengan naskah khotbah saat Idul Fitri, Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Sleman sudah memberikan sosialisasi kepada Camat, Kepala KUA, maupun Kades agar menyiarkan hal-hal yang terkait penguatan kerukunan dan kesatuan.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Kemenag Sleman, Sa'ban Nuroni pada Senin, 11 Juni 2018.

Sa'ban menerangkan, tema secara khusus untuk khutbah idul Fitri di wilayah Sleman memang tidak ditentukan oleh pihak Kemenag.

Namun, berkaitan dengan isi, secara umum pihaknya memberikan pengarahan agar berisi tentang penguatan kerukunan, persatuan, dan kesatuan.

Baca: Kecamatan Depok Sleman Buka Pos Bantuan Komunikasi untuk Pemudik

"Secara khusus tidak ada, kalau secara umum yakni terkait dengan penguatan kerukunan, persatuan, kesatuan, tolong menolong, dan silaturahmi. Untuk screening naskah kita memang tidak ada. Kita serahkan kepada Takmir dan Panitia," terangnya, Senin (11/6/2018).

Sa'ban menjelaskan, pihaknya sudah melakukan sosialisasi saat safari Tarawih Bupati yang dilakukan ke seluruh kecamatan.

Dari safari tersebut, pesan-pesan diteruskan kepada Takmir yang ada di wilayah kecamatan.

"Untuk safari Tarawih kita lakukan sebanyak 17 kali. Ditambah 2 kali di Rumah Dinas Bupati dan Masjid Agung Sleman," jelasnya.

Baca: Wakil Bupati Sleman: Petugas Posko Mudik Harus Bisa Kerja Cerdas

Sa'ban mengimbau agar dalam khutbah Idul Fitri tidak bermuatan politik praktis maupun ujaran kebencian.

"Jadikan idul Fitri benar-benar menjadi hari yang suci. Suci dari hawa nafsu yang merusak persaudaraan kita. Hindarkan khotbah yang bermuatan politik praktis dan ujaran kebencian," jelasnya.

Sa'ban berharap, agar kerukunan dan persatuan semakin kuat. Selain itu, toleransi antar umat beragama juga tetap terjaga. (TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Siti Umaiyah
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help