Home »

Jawa

Jawa

Polres Magelang Bekuk Dua Pelaku Pembuat Obat Mercon

Mereka ditangkap karena memproduksi bahan peledak berbahaya sebagai bahan pembuatan mercon ataupun petasan untuk dijual demi keuntungan pribadi

Polres Magelang Bekuk Dua Pelaku Pembuat Obat Mercon
TRIBUNJOGJA.COM / Rendika Ferri K
Kapolres Magelang, AKBP Hari Purnomo, menunjukkan barang bukti obat mercon dan ratusan petasan pada rilis kasus di Lapangan Plempungan, Salaman, Magelang, Senin (11/6/2018) 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Rendika Ferri K

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG - Jajaran Kepolisian Resort Magelang berhasil membekuk pelaku pembuat bahan peledak berinisial SJ (41) dan MTQ (43) di dua lokasi berbeda di Kabupaten Magelang.

Mereka ditangkap karena memproduksi bahan peledak berbahaya sebagai bahan pembuatan mercon ataupun petasan untuk dijual demi keuntungan pribadi.

Kepala Polisi Resort Magelang, AKBP Hari Purnomo, mengatakan, terdapat dua kasus yang berhasil diungkap.

Kasus pertama di Dusun Tumbu, Desa Purwodadi, Kecamatan Tegalrejo, dengan tersangka atas nama Shobrun Jamilun atau SJ (41), warga setempat yang memproduksi bahan peledak di rumahnya sendiri.

Dari tangan SJ, petugas kepolisian berhasil menyita obat yang digunakan untuk bahan pembuatan mercon atau petasan sebanyak 75 kilogram dan obat yang sudah jadi untuk diproduksi petasan sebanyak empat kilogram.

Baca: Mercon Meledak di Pengasih Kulonprogo, Seorang Warga Terluka

"TKP pertama di Dusun tumbu, Desa Purwodadi, Kecamatan Tegalrejo diungkap Satreskrim Polres Magelang. Kami menyita obat ada 75 kg dalam bentuk obat-obatan ramuan belum jadi, dan obat yang sudah jadi untuk diproduksi petasan 4 kilogram," kata Hari, Senin (11/6/2018) saat acara rilis kasus dan pemusnahan barang bukti di Lapangan Plempungan, Salaman, Magelang.

Lanjut Hari, temuan kasus kedua diungkap oleh Jajaran Polsek Kaliangkrik, di Dusun Kranjan, Kecamatan Kaliangkrik, Kabupaten Magelang, dengan tersangka atas nama Mustaqim atau MTQ (43).

Pelaku juga memproduksi bahan baku pembuatan mercon, dan juga mercon sendiri.

Dari tangan pelaku, petugas Kepolisian berhasil menyita obat mercon sebanyak 5,5 kilogram dan petasan yang sudah jadi berjumlah empat renteng atau sebanyak 200 butir.

Halaman
12
Penulis: rfk
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help