Travel

Menikmati Sensasi Berayun di Atas Ketinggian 850 mdpl di Ayunan Langit Watu Jaran Kulonprogo

Obyek wisata yang berada di Sabrang Kidul, Purwosari, Girimulyo, Kulonprogo ini terletak 30 kilometer dari pusat kota Yogyakarta.

Menikmati Sensasi Berayun di Atas Ketinggian 850 mdpl di Ayunan Langit Watu Jaran Kulonprogo
Tribun Jogja/ Noristera Pawestri
Pengunjung saat menikmati ayunan langit di atas ketinggian 850 mdpl 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Noristera Pawestri

TRIBUNJOGJA.COM, KULONPROGO - Jika anda berwisata ke Kulonprogo, kurang lengkap rasanya jika belum berkunjung ke obyek wisata Ayunan Langit Watu Jaran.

Obyek wisata yang berada di Sabrang Kidul, Purwosari, Girimulyo, Kulonprogo ini terletak 30 kilometer dari pusat kota Yogyakarta.

Selain disuguhkan dengan hijaunya pemandangan bukit Menoreh dan hutan pinus yang ada di sekelilingnya, obyek wisata ini memiliki sebuah instalasi ayunan setinggi delapan meter yang dibangun di puncak Bukit Watu Jaran dengan tinggi 850 mdpl.

Uniknya, ayunan tersebut berada di bibir tebing bukit, sehingga pengunjung yang menaiki ayunan ini akan berayun di atas jurang menganga.

Ayunan ini cukup memacu adrenalin karena pengunjung diajak untuk melayang di atas ketinggian 850 mdpl.

Setelah mencoba wahana ini, para pengunjung mengaku Ayunan Langit ini cukup membuat jantung berdegup kencang

"Serem, deg-degan awalnya, lama kelamaan terbiasa. Sampai nggak sempat liat pemandangan yang ada di bawah," ujar Nafisa Hasna Safitri kepada Tribunjogja.com, Minggu (10/6/2018).

Sementara itu, pengunjung lainnya menuturkan, ketika berayun di bibir tebing ini rasanya sangat seru.

"Terutama waktu diayun pertama kali. Serunya itu karena berayun tanpa bisa menapak bawahnya. Jadi, berasa lepas bebas. Apalagi bisa teriak, wah mantab sih," kata Shafa Artiannas.

Suasana alam perbukitan Menoreh, hutan pinus dan persawahan yang mengelilingi obyek wisata ini menjadi panorama indah untuk dinikmati dari ketinggian sembari berayun.

"Nah, pas diayun ke arah pemandangan alam, itu makin mantap. Jarang-jarang bisa punya pandangan luas banget tanpa ketutupan apapun. Mata itu dapet suguhan yang nikmat dari kombinasi langit biru tak berbatas dan hamparan hijau," katanya.

Dirinya mengaku tak menyesal meski harus melalui perjalanan yang cukup jauh dan menanjak untuk sampai ke Ayunan Langit Watu Jaran ini.

"Sebuah suguhan wisata yang layak dicoba," bebernya.

Jika ingin menikmati ayunan ini, pengunjung cukup merogoh kocek sebesar Rp20 ribu dan Rp7 ribu untuk tiket masuk. (*)

Penulis: Noristera Pawestri
Editor: ton
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help