Home »

DIY

DIY

Legislatif Minta Pemda DIY Segera Tindalanjuti Laporan Hasil Pemeriksaan BPK

Walapun dampak permasalahan tidak mempengaruhi kewajaran atas penyajian laporan keuangan, kalangan legislatif tetap mendorong perbaikan.

Legislatif Minta Pemda DIY Segera Tindalanjuti Laporan Hasil Pemeriksaan BPK
Tribun Jogja/Bramastyo Adhy
Kompleks Gedung DPRD DIY. 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Pantia Khusus (Pansus) DPRD DIY atas laporan hasil pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) terhadap laporan pertanggungajawaban penggunaan anggaran tahun 2017, meminta Pemerintah Daerah (Pemda) DIY untuk segera melakukan tindak lanjut.

Diberitakan sebelumnya, meski menyandang opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), BPK masih menemukan beberapa permasalahan. 

Permasalahan itu merupakan temuan pemeriksaan atas Sistem Pengendalian Intern (SPI) dan kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan.

Temuan pemeriksaan atas SPI, antara lain terkait pengelolaan pendapatan, persediaan dan aset tetap SMA/SMK, yang merupakan unit kerja baru di lingkungan Pemda DIY, sehubungan dengan pengalihan kewenangan pengelolaan urusan pendidikan menengah, yang belum memadai.

Baca: Komisi A DPRD DIY Gelar Rapat Koordinasi Tekait Penanganan Bencana

Kemudian, temuan pemeriksaan mengenai kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan, yakni Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan ESDM belum memproses pertambangan milik perusahaan tambang yang tidak melaksanakan kewajiban reklamasi.

Selain itu, pelaksanaan operasional angkutan umum perkotaan bersubsidi Trans Jogja dengan sistem buy the service, juga dianggap tidak sesuai ketentuan.

Walapun dampak permasalahan tidak mempengaruhi kewajaran atas penyajian laporan keuangan, kalangan legislatif tetap mendorong perbaikan.

Ketua Pansus, Joko Purnomo, mengatakan bahwa pihaknya sudah menyampaikan beberapa rekomendasi kelada Gubernur DIY, dalam rapat paripurna beberapa waktu lalu.

Ia pun meminta, agar seluruh jajaran Pemda DIY, segera melakukan tindak lanjut terhadap laporan hasil pemeriksaan BPK itu.

"Seluruh temuan hasil rekomendasi BPK agar diperhatikan secara sungguh-sungguh. Tidak hanya dari SKPD terkait, namun juga untuk semua intansi dan juga DPRD," katanya, Senin (11/6/2018).

Baca: Pemprov Cari Formula Tepat untuk Regenerasi Petani di DIY

Halaman
12
Penulis: aka
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help