Mudik 2018

Tips Mudik Aman dan Nyaman Menggunakan Sepeda Motor

Khusus bagi pemudik motor, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan supaya aman dan nyaman

Tips Mudik Aman dan Nyaman Menggunakan Sepeda Motor
Tribun Jogja/ Bramasto Adhy
Pemudik menggunakan kendaraan roda empat dan roda dua melintas di Jalan Wates, Yogyakarta, Sabtu (11/7/2015). H-6 lebaran arus mudik mulai terlihat di beberapa daerah. 

TRIBUNJOGJA.COM - Mudik telah menjadi agenda tahunan bagi masyarakat Indonesia, khususnya jelang Idul Fitri. Masyarakat selalu berbondong-bondong untuk pulang ke kampung halaman, demi berlebaran bersama keluarga, saudara, kerabat dan handai taulan.

Beragam moda transportasi pun digunakan untuk mudik, mulai dari angkutan umum hingga kendaraan pribadi, termasuk motor yang juga masih jadi transportasi andalan pemudik.

Khusus bagi pemudik motor, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, agar perjalanan mudik lebih aman dan nyaman. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan :

1. Perhatikan kondisi motor secara menyeluruh. Pastikan kondisi motor dalam keadaan prima dan optimal sebelum digunakan untuk mudik dengan jarak tempuh cukup jauh, mulai dari mesin, oli, tekanan angin ban, lampu, spion, kekencangan gir dan rantai, hingga kanvas rem depan dan belakang.

2. Gunakan perlengkapan berkendara yang aman dan nyaman. Untuk perjalanan jarak jauh dengan motor, disarankan menggunakan helm full face, serta sebaiknya mengenakan jaket cukup tebal serta pelindung dada. Ada baiknya juga mengenakan sarung tangan dan sepatu.

3. Hindari membawa barang berlebih serta penumpang yang melebihi standar. Motor sebaiknya cukup dinaiki untuk dua orang, serta barang yang tak terlalu berlebih. Hal ini dimaksudkan agar kenyamanan saat berkendara tetap terjaga.

4. Berkendaralah Dalam Kecepatan Standar. Hindari memacu motor terlalu kencang, terutama saat melewati kondisi jalan yang rusak, banyak tikungan, atau rawan kecelakaan. Penting juga untuk selalu memperhatikan dan mematuhi rambu lalu lintas sepanjang jalur perjalanan.

5. Jangan Memaksakan Diri Saat Kondisi Badan Lelah. Gunakan waktu untuk beristirahat sejenak apabila badan merasa telah cukup lelah, hal ini penting demi menjaga konsentrasi saat berkendara sekaligus mendinginkan mesin motor. (dbs)

Editor: mon
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help