Mudik 2018

Tips Cermat Pilih Mobil Rentalan untuk Mudik

Berikut beberapa tips yang bisa dijadikan pertimbangkan untuk memilih kendaraan rental

Tips Cermat Pilih Mobil Rentalan untuk Mudik
FERGANATA INDRA RIATMOKO
Kendaraan pemudik antre melewati gerbang Tol Cikampek , Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, Kamis (24/7/2014). Dari pukul 00.00 hingga pukul 15.00, sebanyak 23.623 kendaraan telah melewati gerbang tol tersebut dengan puncak jumlah kendaraan yang melintas per jam sebanyak 2.619 kendaraan. Puncak arus mudik di gerbang tol tersebut diperkirakan berlangsung pada, Jumat (25/7/2014). 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Hari lebaran identik dengan mudik. Orang – orang ramai meninggalkan kota besar untuk menuju kampung halamannya masing – masing.

Tak pelak, kondisi tersebut selalu saja memicu kepadatan di sejumlah moda transportasi umum dan begitu pula bisa dipastikan kerap terjadi kemacetan lalu lintas di sepanjang jalur mudik.

Kondisi ini, biasanya menjadi alasan bagi pemudik untuk menggunakan jasa mobil rental supaya bisa lebih bebas dan fleksibel saat melaksanakan tradisi rutin mudik.

Namun, memilih kendaraan rental tak semudah yang dikira, perlu kehati-hatian dan kecermatan memilih perusahaan mana yang menyediakan kendaraan yang terpercaya.

Berikut beberapa tips yang bisa dijadikan pertimbangkan untuk memilih kendaraan rental untuk mudik.

Rencana adalah Segalanya


Anda tidak dapat menggunakan mobil rental tanpa memiliki perencanaan yang jelas nantinya ketika sampai di kampung halaman. Pastikan berapa hari, mau kemana saja, dan hendak melalui jalur mana anda mudik maupun balik.

Sesuaikan hal itu dengan kebutuhan memilih jenis mobil, apakah menggunakan mobil berbahan bakar solar atau bensin, menggunakan mobil transmisi otomatis atau manual, maupun menggunakan mobil berukuran besar atau kecil.

Memilih jenis mobil yang tepat, tentu akan memberikan efisiensi pengeluaran selama mudik.

Cek dan Ricek Kendaraan

Pastikan semua perlengkapan vital kendaraan dalam kondisi baik. Cek juga surat – surat kendaraan, serta asuransi kendaraan.

Pelajari secara detail aturan main dan perjanjian sewa menyewa Jangan sungkan untuk bertanya apa yang tidak ada pahami mengenai aturan jika terjadi kerusakan.

Survei Harga

Tak tertutup kemungkinan, saat musim mudik tiba, para pelaku bisnis rental meningkatkan harga sewanya. Wajar saja, permintaan tinggi memang kerap diikuti dengan naiknya harga, terlebih jika persediaan kendaraan juga terbatas.

Oleh karena itu, tak ada salahnya untuk melakukan survei harga ke beberapa jasa rental kendaraan untuk memeroleh harga terbaik yang sesuai dengan anggaran yang anda miliki.

Cari Referensi Jasa Rental


Cari referensi jasa rental kendaraan yang terpercaya. Bertanyalah kepada teman anda yang sudah pernah menggunakan jasa rental kendaraan atau pun bisa juga mencari informasi lewat internet.

Alangkah lebih baik lagi jika anda menggunakan jasa rental kepada orang yang sudah anda kenal.

Perhatikan Kemungkinan Terburuk

Tak ada salahnya untuk menghitung resiko dari kemungkinan terburuk selama anda mudik.

Bagaimana jika di tengah perjalanan kendaraan tersebut mengalami kerusakan sehingga anda tidak dapat melanjutkan perjalanan.

Tanyakan bagaimana kewajiban rental, apakah menyediakan kendaraan pengganti atau apa solusi lainnya.

Bijak

Bijaklah menggunakan kendaraan rental, jika anda memperlakukan kendaraan dengan baik, tak tertutup kemungkinan perusahaan rental akan memberikan poin plus sehingga memudahkan anda ketika hendak menggunakan jasa rentalnya lagi di kemudian hari. (*)

Editor: mon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help