Mudik 2018

Daftar Obat-obatan yang Harus Anda Siapkan Menjelang Mudik

Gangguan kesahatan bisa mengganggu perjalanan mudik, jika di tengah perjalanan kondisi tubuh drop

Daftar Obat-obatan yang Harus Anda Siapkan Menjelang Mudik
Minum obat 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Gangguan kesehatan bisa saja terjadi kapan pun dan di mana pun. Salah satunya ketika saat dalam perjalanan mudik ke kampung halaman.

Gangguan kesahatan dapat mengganggu perjalanan mudik Anda, jika di tengah perjalanan kondisi tubuh terserang penyakit.

Tidak mengenal usia, gangguan kesehatan bisa saja terjadi pada semua orang dengan berbagai kalangan umur, baik itu anak-anak, remaja, dewasa maupun lansia.

Menurut dr Rr Vetria Sekar Damayanti MSc, SpA, Spesialis Anak dari RS UGM, ada beberapa obat yang harus disediakan untuk anak, saat melakukan perjalanan mudik menuju kampung halaman.

Hal ini dirasa sangat penting diperhatikan oleh para orang tua, karena gangguan kesehatan bisa saja terjadi kapanpun dan di manapun.

Apalagi saat dalam kondisi mudik, di tengah hirup pikuknya perjalanan bersama pemudik lain, akan semakin membuat perjalanan kurang nyaman.

Setiap kendaraan disarankan untuk membawa dan memiliki kotak PPPK, karena kotak tersebut akan sangat membantu untuk pertolongan pertama saat kita mengalami gangguan kesehatan saat mudik.

Vetria mengatakan, selama menempuh perjalanan jauh, anak dapat mengalami beberapa gangguan kesehatan seperti demam, batuk, pilek, diare dan muntah.

Hal ini jangan dibiarkan begitu saja, harus ada langkah awal, agar gangguan kesehatan tersebut tidak berlanjut menjadi lebih parah.

"Seperti mual dan muntah. Apabila anak memang sering mengalami mabuk kendaraan, sebelum berangkat dapat diberikan dulu obat untuk mengurangi mual dan muntah. Apabila anak muntah di perjalanan, obat-obatan seperti domperidon atau ondansetron dapat membantu mengurangi gejala. Usahakan berikan minum jika kondisi anak telah membaik. Ajak anak untuk melihat keluar jendela atau pemandangan yang jaraknya jauh dan mengurangi pemakaian gadge," ungkap Vetria Sekar Damayanti.

Halaman
12
Editor: mon
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help