Kulonprogo

Kemenag Kulonprogo Tidak Ada Sortir Naskah Khutbah Ied

Kemenag Kulonprogo selalu melakukan pemantauan dan pengawasan seluruh khatib di Kulonprogo berikut pendataan profilnya.

Kemenag Kulonprogo Tidak Ada Sortir Naskah Khutbah Ied
internet
ilustrasi 

TRIBUNJOGJA.COM - Kantor Kementerian Agama Kulonprogo tidak akan melakukan pengawasan khusus terhadap naskah khutbah shalat Ied di wilayahnya.

Konten ceramah dinilai menjadi tanggungjawab masing-masing khatib sepenuhnya.

Kepala Kantor Kemenag Kulonprogo, Nurudin mengatakan pihaknya selalu melakukan pemantauan dan pengawasan seluruh khatib di Kulonprogo berikut pendataan profilnya.

Sehingga, bisa diketahui siapa saja khatib yang bertugas berceramah saat Salat Ied nanti.

Hanya saja, pihaknya memang tidak berencana melakukan pengawasan atau bahkan penyortiran konten naskah khutbah untuk mengantisipasi munculnya muatan ujaran kebencian seperti pernah terjadi di Gunungkidul, beberapa waktu silam.

"Itu (konten naskah) kami serahkan pada masing-masing khatib. Tapi paling tidak kita mengetahui nama khatibnya, itu juga termasuk bagian dari pengawasan," kata Nurudin, Kamis (7/6).

Dia menyebut sejauh ini tidak pernah ada permasalahan meski tak ada kontrol konten naskah.

Di sisi lain pihaknya menengarai tidak ada potensi kemunculan naskah-naskah berbau ujaran kebencian dan kecenderungan dorongan anarkhisme dari tiap naskah khutbah yang dibawakan penceramah di Kulonprogo.

Nurudin optimistis kejadian seperti pernah terjadi di Gunungkidul itu tidak akan terjadi di Kulonprogo.

Pun pihaknya selama ini juga telah seringkali memberi imbauan kepada penceramah agar selalu memberikan materi khutbah yang menyejukkan dan tidak berpotensi menimbulkan permasalahan.

"Dalam safari-safari ataupun melalui penyuluh, kami selalu mengimbau agar khatib memberi khutbah yang menyejukkan sesuai konteks wilayah masing-masing dan tidak ada materi menjurus anarkhisme. Itu selalu kami sampaikan," kata dia.(*)

Penulis: ing
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help