Lebaran

Hindari Makan Berlebihan Saat Lebaran, Ini Alasannya

Hindari Makan Berlebihan Saat Lebaran. Ini Alasannya Supaya Kita Tidak Mengalami Gangguan Pencernaan.

Hindari Makan Berlebihan Saat Lebaran, Ini Alasannya
sehatsegarbuga.com
Ilustrasi makanan bergizi. 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Ahmad Syarifudin

TRIBUNJOGJA.COM - Setelah sebelumnya menjalani ibadah puasa selama sebulan penuh, ketika lebaran tiba, masyarakat identik merayakannya dengan makan-makan besar.

Padahal, menjalankan ibadah puasa adalah cara bagi tubuh untuk menahan dan mendisiplinkan pola makan sehat serta tidak berlebihan.

Khusus untuk mencegah terjadinya sesuatu yang tidak diinginkan pada tubuh, sebaiknya untuk tidak makan secara berlebihan selama perayaan hari raya.

Hal ini mengingat kondisi metabolisme tubuh yang lama berhenti selama menjalani ibadah puasa.

"Setelah sebelumnya berpuasa, kemudian makan besar. Sistem metabolisme tubuh ini yang belum siap. Sistem mencetak makan berkurang karena saat puasa berhenti. Ini perlu penyesuaian," ujar Kepala Puskesmas Sanden, dr Anastasia Endar, Jumat (8/6/2018)

Mengantispasi sesuatu yang buruk terjadi pada tubuh, Ia menganjurkan untuk tidak makan berlebihan saat lebaran dan sebaiknya memilih makanan yang tidak bertekstur keras.

"Jangan makan yang keras-keras. Makan makanan yang manis-manis saja dan mudah diserap oleh tubuh. Terus perbanyak konsumsi sayur," ajak dia.

Lebih lanjut ia mengungkapkan, masyarakat yang tengah menjalankan ibadah puasa juga sebaiknya memilih makanan yang sehat untuk tubuh.

Hal ini penting, karena ketika tubuh berpuasa maka sistem metabolisme berhenti dan asupan makanan yang masuk sangat berpengaruh pada proses pencernaan tubuh.

Halaman
12
Penulis: Ahmad Syarifudin
Editor: has
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help