Bisnis

BNI Tawarkan Bunga KUR 7% bagi Usaha Mikro dan Kecil

Fasilitas kredit yang ditawarkan nominalnya mulai dari Rp 1 juta - Rp 500 juta dengan bunga sebesar 7% per tahun.

BNI Tawarkan Bunga KUR 7% bagi Usaha Mikro dan Kecil
TRIBUNJOGJA.COM / Yosef Leon
Pemimpin BNI Kantor Cabang Yogyakarta, R. Wawan Adinarmiharja (kedua kanan) didampingi tim KUR BNI Bantul foto bersama nasabah penerima fasilitas KUR BNI, Kamis (7/6/2018) 

Laporan Calon Reporter Tribun Jogja Yosef Leon Pinsker

TRIBUNJOGJA.COM, BANTUL - Sejalan dengan terbitnya Peraturan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Permenko) Nomor 11 Tahun 2017 tentang Pedoman Pelaksanaan KUR, yang memutuskan untuk menurunkan suku bunga Kredit Usaha Rakyat (KUR) pada 2018 dari 9 persen menjadi 7 persen per tahun, BNI sebagai  satu di antara Himpunan Bank Milik Negara (Himbara), turut menyediakan fasilitas tersebut bagi para pelaku usaha mikro dan kecil.

Pemimpin BNI Kantor Cabang Yogyakarta, R Wawan Adinarmiharja mengatakan fasilitas kredit yang ditawarkan nominalnya mulai dari Rp 1 juta - Rp 500 juta dengan bunga sebesar 7% per tahun, agar pelaku usaha dapat mengembangkan usaha mereka.

"Di atas itu kita juga ada pemberian kredit sampai Rp 5 miliar dengan bunga dibawah dua digit, yakni 9,95%," jelasnya, Kamis (7/6/2018).

Selain itu, lanjut Wawan, persyaratan untuk mengurusnya juga cenderung mudah.

Bagi pelaku usaha yang belum memiliki Izin Usaha Mikro (IUM) bisa diganti dengan surat keterangan usaha yang dikeluarkan oleh Kelurahan.

"Untuk KUR Mikro sampai dengan Rp25 juta tanpa jaminan kemudian untuk KUR Kecil sampai dengan Rp500 juta dengan jaminan secukupnya," tambahnya.

Sepanjang kuartal I untuk wilayah Bantul, BNI tercatat telah menyalurkan KUR sebesar Rp 13,5 miliar dengan jumlah nasabah sebanyak 136 orang, kondisi tersebut meningkat sekitar 40% dibandingkan tahun lalu yang sepanjang satu tahun hanya mencatat penyaluran KUR kurang lebih sebesar Rp 20 miliar.

Disinggung mengenai kredit yang bermasalah, pihaknya mengklaim, sampai saat ini hanya ada satu debitur yang bermasalah dengan total pinjaman Rp 99 juta.

"Persentasenya kecil, karena kita sangat selektif terkait pemberian KUR dan kita juga betul-betul survei," tutupnya. (tribunjogja.com)

Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help