Kota Yogyakarta

DLH Kota Yogyakarta Harap Tahun ini Tak Banyak Sisa Makanan

Dinas Lingkungan Hidup Kota Yogyakarta memprediksi akan terjadi kenaikan jumlah sampah 10 hingga 20 persen selama liburan.

DLH Kota Yogyakarta Harap Tahun ini Tak Banyak Sisa Makanan
ist
Logo Pemkot Yogyakarta 

Laporan Calon Reporter Tribun Jogja, Christi Mahatma Wardhani

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA- Kasi Penanganan Sampah Dinas Lingkungan Hidup Kota Yogyakarta, Ahmad Haryoko berharap tidak banyak sampah sisa makanan pada libur Lebaran tahun ini.

Ia memprediksi akan terjadi kenaikan jumlah sampah 10 hingga 20 persen selama liburan.

"Kalau biasanya sehari di Kota Yogyakarta itu 260 ton. Besok liburan itu pasti naik, sekitar 10-20 persen. Nah mudah-mudahan nggak banyak sisa makanan dan organik. Mudah-mudahan banyak sampah kertas sama botol," kata Haryoko, Kamis (7/6/2018).

Jika berkaca dari tahun lalu, sampah organik dan sisa makanan mendominasi jumlah sampah.

Menurutnya, yang terjadi saat lebaran adalah melimpahnya makanan, sehingga memicu bertambahnya sampah sisa makanan.

"Kalau lebaran itu pasti over makanan, ya kecenderungannya seperti itu. Nggak enak dikit buang. Tahun lalu itu yang banyak ya sisa makanan. Sampai peternak aja kewalahan ngambilnya," lanjutnya.

"Kalau sampahnya kertas dan botol, kan bisa langsung diambil oleh teman-teman pemulung. Nah yang jadi masalah adalah sampahnya juga tidak dipisah, kalau sudah kecampur, pemulung jadi pake gancu. Yang makanan sobek, semebar. Nah kan itu yang bikin bau," sambung Haryoko.

"Kami sudah siapkan antisipasi, kami akan optimalkan yang di sirip-sirip Malioboro. Akan kami tambah satu truk untuk antisipasi penambahan sampah," tutupnya. (*)

Penulis: Christi Mahatma Wardhani
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help